Pengertian dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

Globalisasi adalah meningkatnya saling keterkaitan di antara berbagai belahan dunia melalui terciptanya proses ekonomi, lingkungan, politik, dan perubahan kebudayaan. Globalisasi merupakan salah satu hal yang harus dihadapi  oleh berbagai bangsa di dunia, termasuk Indonesia. Sebagai anggota masyarakat dunia, Indonesia pasti tidak dapat dan tidak akan menutupi diri dari pergaulan internasional, karena antara negara satu dan negara lainnya pasti terjadi saling ketergantungan.

Adapun peristiwa-peristiwa dalam sejarah dunia yang meningkatkan proses globalisasi antara lain:

  • Ekspansi negara-negara Eropa ke belahan dunia lain.
  • Munculnya kolonialisme dan imperialisme.
  • Revolusi industri yang dapat mendorong pencarian barang hasil produksi.
  • Pertumbuhan kapitalisme, yaitu sistem dan paham ekonomi yang modalnya  bersumber dari modal pribadi atau modal perusahaan swasta dengan ciri persaingan dalam pasaran bebas.
  • Meningkatnya telekomunikasi dan transportasi berkat ditemukannya telepon genggam dan pesawat jet pasca Perang Dunia II.

Faktor-faktor pendorong globalisasi antara lain:

  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Diterapkannya perdagangan bebas.
  • Liberalisasi keuangan internasional.
  • Meningkatnya hubungan antar negara.

Tujuan globalisasi ada tiga macam, yaitu:

  • Mempercepat penyebaran informasi.
  • Mempermudah setiap orang memenuhi kebutuhan hidup.
  • Memberi kenyamanan dalam beraktifitas.

Globalisasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu kita dapat mengambil manfaat dari globalisasi dan menerapkannya di Indonesia. Manfaat globalisasi antara lain kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, mempermudah arus modal dari negara lain, dan meningkatkan perdagangan internasional.

Globalisasi memiliki nilai-nilai positif namun juga memiliki nilai-nilai negatif. Untuk menyaring nilai-nilai negatif maka kita harus berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, karena nilai-nilai Pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa Indonesia. Jika kita mengambil nilai-nilai negatif globalisasi, maka yang akan terjadi adalah kaburnya jati diri bangsa Indonesia dan masuknya kebiasaan-kebiasaan yang buruk.

Baca juga: Dampak Globalisasi Bagi Kehidupan Bermasyarakat

Categories: Geografi, Sosial | Tags: , , | 74 Komentar

Post navigation

74 thoughts on “Pengertian dan Pentingnya Globalisasi Bagi Indonesia

  1. Ping-balik: Dampak Globalisasi Terhadap Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara « Ari's MiniBlog

  2. syarie

    terima kasih. tulisannya sangat bermanfaat :)

  3. ayu

    thank’s tulisannya,jdi ku bsa jwab pr ku.
    ^_^

  4. Insi

    Thank’Z ea. .
    Berkat artikelx, aq bsa ngerjain tUgAsqUw. :D

  5. rizky

    terima kasih ya bwt kaka ari sudewa. lumayan lah biar gak diomelin ama guru ane. haha (^__^)

  6. Fifi Jasminael

    Makasii yya :)…
    jady.na aku biza ngerjaen tugas.

  7. Terima kasih bagi semua yang sudah berkomentar. Saya senang bisa membantu kalian.

  8. Slamet solihin

    Dari hasil trsbut saya ingin tahu kemajuan yg telah di capai oleh negara” tetangga maupun negara” maju di bidang politik,ekonomi,sosial budaya dan teknologi

  9. @tika

    thanks :)

  10. wew thanks agan!!w cari kmane2 kga ade untung dsne ade.. :)

  11. chocookies

    Makasih udah ngepost, bntu ngejawab soal bgtt

  12. Indah Putri Nur'aini

    Makasih ya atas post’an nya aku jadi bisa jawab Tugasku.. :)

  13. raraputrie

    tulisan nya amatbermanfaat

  14. Salam

    hmm bagus sih lanjutkan

  15. makasi yah , jadi bisa ngerjain tgas ak . ^_^ :D

  16. mbely

    siiiiibbbbbb !!!!!!!!!!!!!

  17. safina

    thankss ya!! :)

  18. IKMAL

    THANKSS YAAA :)

  19. Arta Michelle Virnisha

    yeyy, bisa jadi tambahan catatan untuk tugas makalah PKn. makasih

  20. flychicken97

    kalo hal-hal atau produk yang akan terus go global itu apa aja? trus alasannya? mohon bantuannya ^^ thanks before

    • Produk yang akan trs go global itu ya yg byk dibutuhkan sekarang ini, seperti laptop, mobil, ponsel, dll. Alasannya, ya selain karena banyak dibutuhkan, jg karena pesatnya perkembangan teknologi di bidang itu sehingga produsen jg semakin gencar membuat produk” baru namun efisiensi kerjanya tetap optimal

  21. fara

    thankkssss yoo.
    anee jdii bissaa buatt tugazzzz

  22. risa

    tHank yOu ……..adax pngrtian globalisasi au bza lbh jlz an memAhamix

  23. desi

    kurang lengkap

  24. terima kasih ya…
    jd.a cy bs krjain pr…. ^_^

  25. Anis

    Makasih bwt infonxa…,info ni berguna bnget bgi ku

  26. Firza

    bisa tuliskan contoh produk yang terus go global?

  27. waaw….
    bagust2 bermanfaadt sekali…

  28. irrha

    tq yya :)
    berkat artikel inni .
    tugassKu selese jua :)

  29. sari

    waww,,brmanfaat jugaa yaa…?

  30. Rachman

    Fantastic Sob ^^ THX for info nya ya …

  31. bermanfaat bgt

  32. fadiah rahma

    makasih banget y…
    info’a sip banget dah, tugas q akhir’a kelar juga^^

  33. fahmi

    mksih ya.
    .
    akhirnya tgas PKn dah kelar skarang.. :D

  34. septianno

    dikit banget………….

    add me pin Bb : 292dc102

  35. eva

    mkasih ea berkat tulisannya aku bisa ngerjain PR hehehe,,,,,,,

  36. samsungtipis_02

    thanks

  37. hilya

    makasiiiih menjawab keribetan saya mau US :)

  38. rizqa

    tulisan.a sngt bermanfaat. mksih yaaa….

  39. gan minta copast yaak, buat tugas sekolah nih :) thanks

  40. indonesia bisa

  41. pandu_rliaae

    akhirnya slesai juga tugas ku berkat artikel ini…
    makasih ya… :)

  42. Gresh

    Thanks yah berkat artikel nhe Peer kUh mngenai mAkalah GLOBALISASI jd selesai :D

  43. Jaka Afriana

    Makasih…saya ijin sebagai bahan referensi

  44. ekha zaz

    klo bisa nanti kasih daftar pustaka juga ya ehehhe

  45. thank you…. gara-gara ada ini tugasku selesai;)

  46. ┒(⌣˛⌣)┎ numpang copast yea buuat Tugas

  47. Didik

    Sya jd bsa ngerjain tgas dri zcull tank you ea

  48. reski jufri

    hmm,,,tambah bingung nich belajar PKN..!! :(

  49. Zia

    Thanks ya.. jadi lebih tau tentang globalisasi nih.

  50. Kaka,artikenya bagus,terimakasih ya ka udah bagi ilmu….semangat untuk terus berkarya lagi ya Ka

  51. salsabila

    trimakasih manfaatnya.
    akhirnya saya dapat menjawab pertanyaanya

  52. Brkt Info Yc Pr Pkn Qhu Akhr Yc Clcai jwx
    thakzz Bgtzzz……………….. Yc Kax Brkt Kak2 Kmx Bza Mnylzaikn Yc

  53. Tolog di krimin pxebab globalisasi

  54. amar

    Ty, info nya penting buat tugas gua :D

  55. AsSalamualaikum.
    Hm,sya mau ngucapin terimah kasih yg tlh membuat materi ini. Because, dgn ini tugas pkn qu slezay.. :)

  56. wulan

    haha

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.336 pengikut lainnya.