45 Tips dan Trik SEO Terpenting dan Terpopuler

SEO - Search Engine OptimizationSEO (Search Engine Optimization) atau Optimisasi Mesin Pencari adalah suatu teknik di dunia internet yang menggunakan algoritma pencarian berbagai mesin pencari sebagai dasar untuk mengoptimalkan website atau blog agar lebih mudah diindeks dan menjadi peringkat pertama di daftar pencarian search engine (mesin pencari). Sebuah situs yang telah memaksimalkan SEO-nya akan memiliki kemungkinan lebih besar masuk peringkat 10 besar di mesin pencari. Dalam hal ini, Jennifer Kyrnin telah membagikan 95 Tips dan Trik SEO Terpenting dan Terpopuler (95 SEO Tips and Tricks for Powerful Search Engine Optimization – Things You Should and Shouldn’t Do for SEO) kepada kalangan blogger, dan saya akan kembali menyebarkan ilmunya 😀

Karena materinya banyak dan saya tidak boleh mengambil hak sang pemilik ilmu atas karyanya, maka dari itu di postingan ini saya hanya akan membagikan 10 tips dan trik SEO yang terpopuler untuk kategori High Priority, Medium Priority, Low Priority, dan Avoid; serta 5 tips untuk kategori Avoid or Get Banned. Jadi total ada 45 trik SEO di postingan ini. Untuk melihat yang lebih lengkap bisa merujuk ke situsnya (Bahasa Inggris).

Daftar Isi:

  1. Pendahuluan tentang SEO
  2. High Priority SEO
  3. Medium Priority SEO
  4. Low Priority SEO
  5. Avoid (Don’t Do This) SEO
  6. Avoid or Get Banned (Restricted)

High Priority


Tulis konten yang luar biasa

Konten yang bagus adalah di mana semuanya dimulai. Anda dapat memiliki semua kata kunci di dunia, tetapi jika konten Anda tidak baik, orang tidak akan bertahan di situs Anda dan mesin pencari tidak akan menganggap situs Anda berharga.

Tulis konten yang unik

Anda harus menyediakan konten yang memiliki informasi berbeda dari apa yang ada di situs lain dan halaman Web lain. Jika topik konten Anda sangat mirip atau bahkan sama, ada dua kemungkinan. Konten Anda akan sulit bersaing atau konten Anda dianggap SPAM oleh mesin pencari.

Tambahkan konten baru setiap saat

Situs yang memiliki konten baru secara teratur dilihat sebagai situs yang lebih handal dibandingkan dengan situs yang jarang posting. Hal ini juga membantu Anda untuk meningkatkan jumlah konten yang relevan di situs Anda, yang juga meningkatkan peringkat situs Anda.

Buat frase kata kunci yang baik

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika bekerja pada optimisasi mesin pencari adalah menemukan frase kata kunci yang baik untuk halaman tersebut. Anda tidak harus mencoba untuk mengoptimalkan seluruh situs Anda untuk satu frase kata kunci – cukup fokus pada menulis halaman untuk kata kunci dan frase tertentu.

Pilihlah frase yang populer, tapi tidak terlalu populer

Ketika mencoba untuk memutuskan suatu frase kata kunci, Anda harus menemukan satu yang populer tetapi tidak sangat populer. Hal ini mungkin tampak kontra-intuitif, tetapi kenyataannya adalah bahwa kata kunci yang sangat populer adalah sangat kompetitif (banyak saingannya). Lebih baik untuk mencoba mengoptimalkan kata kunci yang memiliki kemungkinan naik peringkat. Anda akan mendapatkan lebih banyak tampilan dari kata kunci yang kurang populer ketika Anda berada di halaman pertama atau kedua dari mesin pencari, dibandingkan menggunakan kata kunci yang super populer yang hanya akan menempatkan Anda pada halaman ke-50 mesin pencari.

Buat situs Anda mudah diakses

Maksudnya adalah memastikan situs Anda mudah diakses oleh search engine spiders dan screen readers. Jika situs Anda mudah diakses, tentu akan membuat situs Anda mudah mendapatkan peringkat yang baik.

Gunakan kata kunci dalam tag judul Anda

Tag judul adalah salah satu tag yang paling penting pada halaman Web Anda. Dan menempatkan kata kunci dalam tag judul (apalagi di awal) akan sangat baik untuk memperkenalkan frase tersebut ke mesin pencari. Plus, ini akan menempatkan kata kunci Anda sebagai link ke situs Anda dalam indeks mesin pencari.

Dapatkan domain dengan frase kata kunci Anda

Menaruh frase kata kunci dalam nama domain Anda adalah cara yang bagus untuk mengoptimalkan frase tersebut.

Gunakan kata kunci dalam URL Anda

Bahkan jika Anda tidak bisa mendapatkan kata kunci Anda ke dalam nama domain Anda, Anda dapat menempatkan mereka ke URL atau permalink postingan Anda. Search engine membaca URL dan teks yang mereka temukan di sana.

Gunakan banyak frase kata kunci, tapi jangan terlalu banyak

Rasio kata kunci Anda ke seluruh teks pada halaman Anda disebut kepadatan kata kunci. Sangat penting untuk mengulang kata kunci Anda dalam dokumen Anda, tapi tidak terlalu banyak. Keyword/kata kunci harus antara 3-7% untuk frase kata kunci utama dan 1-2% untuk setiap kata kunci sekunder. Jika Anda menempatkannya terlalu banyak, bisa dikira SPAM. Jika Anda menggunakan WordPress, jangan memasukkan apapun ke dalam tag selain kata kunci.

Medium Priority


Jaga konten situs Anda dalam satu tema

Tema atau topik seluruh situs Anda adalah penting juga. Jika Anda memiliki banyak halaman yang bertopik seputar satu tema dasar, ini akan memberikan kredibilitas yang lebih untuk setiap laman yang mengikuti tema ini.

Menjaga situs Anda hidup selama mungkin

Halaman dan postingan yang lebih tua (di domain yang sama) akan mendapat peringkat lebih tinggi daripada yang baru. Jadi biarkan situs Anda hidup lebih lama dan jangan delete postingan Anda yang sudah lama. Biarkan saja. Hanya delete jika kontennya benar-benar rusak.

Buat sitemap

Search engine menyukai Sitemap. Meskipun belum tentu untuk pemeringkatan, tetapi sitemap bisa digunakan untuk menemukan link di situs Anda. Anda tidak harus membuat sitemap XML atau Google sitemap, sitemap HTML biasa sudah bekerja dengan baik.

Buat sitemap XML atau Google sitemap jika ingin lebih mantap

Meskipun sitemap HTML sudah bekerja dengan baik, tidak ada salahnya menggunakan sitemap XML atau Google Sitemap jika bisa. Terkadang mesin pencari lebih merekomendasikan sitemap XML dibandingkan HTML.

Gunakan 301 untuk pengalihan permanen

Ketika Anda mengarahkan halaman Anda, Anda harus selalu menggunakan 301 http server yang redirect. Ini memberitahu search engine bahwa tipe redirect yang Anda gunakan adalah permanen dan bahwa mereka harus mengubah indeks mereka untuk menggunakan URL baru. Spammer menggunakan jenis pengalihan HTTP 302 redirect dan meta refresh, sehingga jenis-jenis itu bukan ide yang baik untuk digunakan.

Gunakan 302 redirect hanya untuk URL panjang atau jelek

HTTP 302 redirect adalah untuk pengalihan sementara. Satu-satunya waktu Anda harus menggunakan mereka adalah untuk mengarahkan URL jelek ke URL yang lebih user-friendly. Ini memberitahu mesin pencari bahwa URL jelek tidak boleh dihapus dari indeks, karena URL user-friendly adalah hanya untuk membuat URL jelek itu tampak lebih baik. Perlu diingat bahwa banyak spammer menggunakan 302 redirect untuk menipu mesin pencari. Jadi bijaksanalah dalam penggunaan 302 ini.

Dapatkan inbound link sebanyak yang Anda bisa

Link sangat penting, terutama link dari situs lain selain situs Anda sendiri. Ini disebut inbound link. Dan jika Anda mendapatkan banyak inbound link, ini akan membantu peringkat halaman Anda. Ingat bahwa 1-2 link dari situs bereputasi tinggi lebih baik daripada 10 link dari situs yang mengoleksi link.

Masukan frase kata kunci dalam paragraf pertama

Pengulangan frase kata kunci dalam konten Anda sangat penting. Akan sangat baik jika kata kunci ditempatkan dalam paragraf pertama atau kedua.

Masukan frase kata kunci Anda di bagian atas HTML

Lebih dari sekedar paragraf pertama, Anda harus mencoba untuk memindahkan konten Anda ke bagian atas dokumen HTML. Dan itu termasuk frase kata kunci Anda. Trik ini tidak dapat dilakukan pada beberapa CMS blog, karena trik ini dilakukan dengan membedah HTML.

Masukan frase kata kunci dalam teks alternatif (Alt Text) gambar

Gambar adalah tempat yang tepat untuk menempatkan frase kata kunci Anda – dalam bentuk teks alternatif. Ini adalah cara untuk menambahkan frase kata kunci Anda ke dalam dokumen Anda tanpa berulang-ulang untuk pembaca Anda. Tapi jangan berlebihan. Itu bisa membuat situs Anda diblok.

Low Priority


Simpan halaman- halaman postingan Anda lebih dekat ke direktori utama

Semakin dekat halaman Anda ke direktori utama, semakin baik peringkat mereka di mesin pencari. Hal ini karena halaman yang tercantum langsung dari direktori utama biasanya lebih penting daripada halaman yang ditemukan empat atau lima level di situs tersebut. Trik ini umumnya hanya bisa dilakukan jika Anda menggunakan hosting web sendiri.

Gunakan meta tag keyword dan masukkan kata kunci Anda ke sana

Meta tag adalah cara yang sangat populer untuk meningkatkan hasil mesin pencari, tetapi faktanya adalah bahwa beberapa mesin pencari utama bahkan tidak menggunakannya sama sekali, dan lain-lain hanya sedikit menggunakan mereka. Tidak ada salahnya untuk memasukkan frase kata kunci dan kata kunci sekunder ke dalam meta tag kata keyword, tapi jangan berharap terlalu banyak.

Pastikan keyword Anda saling berkaitan

Mesin pencari menilai kata kunci terlepas dari mana mereka ditemukan. Tetapi jika Anda mencoba untuk meraih peringkat yang lebih baik untuk frase kata kunci tertentu, menjaga kata kunci-kata kunci tetap berkaitan akan memastikan bahwa mesin pencari menyadari bahwa mereka saling berhubungan.

Gunakan frase kata kunci dalam meta description

Kebanyakan mesin pencari menggunakan meta description sebagai deskripsi dalam hasil pencarian mereka. Jadi, penting untuk memiliki penjelasan yang baik. Meta tag description dapat menjadi tempat lain untuk menaruh kata kunci Anda. Ini bukan peluru ajaib, tapi ini adalah ide yang baik.

Pilih bahasa meta keyword

Jika situs Anda ditulis dalam bahasa lain selain bahasa Inggris, Anda harus mengatur meta tag bahasa sehingga search engine (dan agen pengguna lain) tahu situs Anda menggunakan bahasa apa. Kebanyakan mesin pencari memiliki cara lain untuk mendeteksi bahasa sebuah situs, tetapi mereka tentu menggunakan meta tag jika ada, dan itu bisa membantu Anda meraih peringkat lebih tinggi dalam pencarian dalam bahasa tersebut.

Optimalkan untuk beberapa kata kunci sekunder

Setelah Anda memiliki frase kata kunci, Anda dapat memilih satu atau dua kata kunci lain untuk dioptimalkan juga. Tapi hati-hati – pastikan bahwa kepadatan kata kunci sekunder Anda tidak lebih dari 1-2%. Jika lebih tinggi, Anda berisiko membingungkan mesin pencari dan mengurangi kekuatan frase kata kunci utama Anda.

Gunakan frase kata kunci dalam internal link (anchor text)

Sebuah named anchor (juga disebut bookmark atau anchor text) adalah alat yang berguna untuk membuat navigasi di dalam halaman Web Anda. Untuk mesin pencari, itu juga menunjukkan bahwa teks yang didefinisikan oleh dan mengikuti anchor text memiliki arti yang lebih penting. Jika Anda menggunakan frase kata kunci Anda dalam beberapa anchor text, ini akan memberikan efek yang lebih menonjol. Contoh penggunaan anchor text dapat dilihat pada Daftar Isi postingan ini.

Menggunakan berbagai bentuk kata-kata untuk frase kata kunci Anda

Kebanyakan mesin pencari metahui bahwa satu kata memiliki arti yang mirip dengan kata lain. Sebagai contoh, versi jamak dari kata benda (dog dan dogs), gerund dan kata kerja aktif (dig dan digging), dan sebagainya. Dengan menggunakan berbagai bentuk kata kunci, Anda dapat membuat halaman Anda lebih menarik bagi pembaca Anda dan lebih optimal untuk mesin pencari.

Gunakan sinonim untuk kata kunci Anda

Sinonim adalah cara lain untuk mengoptimalkan teks Anda untuk pembaca sementara mengoptimalkan untuk pencarian. Mesin pencari yang paling modern memiliki perpustakaan sinonim yang baik dan begitu menyadari bahwa kata-kata seperti “dog” dan “canine” memiliki arti yang sama. Namun, hati-hati menggunakan teknik ini pada halaman non-Inggris. Kebanyakan mesin pencari dikembangkan di negara-negara berbahasa Inggris dan memiliki kosakata bahasa Inggris yang lebih luas dari bahasa lain.

Jangan terlalu banyak link ke situs eksternal

Nge-link ke situs eksternal adalah ide yang baik, tapi jangan mengisi penuh halaman Anda dengan link-link mereka. Paling-paling, Anda akan melemahkan efektivitas halaman Anda di mesin pencari, dan paling buruk halaman Anda akan terlihat seperti daftar link dan mendapatkan sedikit sanksi oleh mesin pencari. Ketika Anda memiliki banyak link eksternal, sangat penting untuk memeriksa link-link itu secara teratur. Pastikan bahwa link-link itu tidak broken atau menuju ke halaman yang penuh spam.

Avoid These SEO


Jangan meng-host situs Anda dengan host yang mengizinkan spammer

Jika Anda tidak tahu apa kebijakan host anda adalah menuju spammer, cari tahu. Pasti ada sesuatu dalam syarat dan kondisi mereka tentang aktivitas berbahaya. Jika IP Anda di-blacklist oleh mesin pencari, situs Anda akan di-blacklist bersama dengan itu, meskipun situs Anda benar-benar tidak bersalah.

Jangan meng-host situs Anda dengan hosting yang sering down

Meskipun mesin pencari tidak akan mendiskriminasikan situs yang sedang down, jika mereka tidak bisa memasuki URL Anda karena sedang down mereka tidak akan dapat mengindeks halaman itu. Dan jika situs Anda down beberapa kali ketika spider mesin pencari mencoba untuk mengaksesnya, situs Anda akan ditandai sebagai situs yang hilang, dan spider tidak akan datang kembali. Cari tahu dari penyedia hosting Anda berapa tingkat uptime mereka dan apa jaminan mereka. Uptime yang kurang dari 97-98% adalah buruk.

Jangan menulis konten Anda dalam JavaScript

Meskipun mesin pencari tidak akan menghukum situs yang menggunakan JavaScript, mereka ttidak bisa mengindeks isi script. Jadi, jika halaman Anda menggunakan JavaScript untuk menampilkan isi, akan sulit untuk mendapatkan peringkat tinggi untuk halaman tersebut.

Jangan melupakan alt text untuk gambar

Gambar yang inline dengan teks Anda dapat mempercantik halaman Web Anda, tetapi jika Anda melupakan teks alternatif (alt text) mesin pencari tidak akan mengambil relevansi konten Anda. Juga perlu diingat bahwa semakin berat halaman Anda dengan gambar, semakin kecil kemungkinan mesin pencari memberi peringkat yang tinggi. Teks adalah apa yang paling disukai di mesin pencari, dan penggunaan alt text adalah alternatif yang tidak sepadan.

Jangan gunakan gambar untuk menggantikan teks link

Optimisasi mesin pencari adalah semua tentang teks, dan jika Anda menggunakan gambar bahkan jika Anda memiliki alt text, mesin pencari akan kesulitan memberi peringkat situs Anda. Hal ini terutama berlaku untuk navigasi. Search engine spider merangkak melalui situs Anda dengan mengikuti link, dan link pada gambar akan menyulitkan mereka untuk mengikuti atau memberi peringkat. Menggunakan gambar, bukan teks membuat halaman Anda lambat untuk pelanggan Anda juga. Anda lebih baik mendandani teks Anda dengan CSS, daripada menggunakan gambar.

Jangan sampai salah ketik kata kunci Anda

Ini akan merusak kredibilitas Anda di muka pelanggan Anda. Mereka akan berpikir Anda tidak profesional. Plus, banyak browser dan mesin pencari memiliki spell checker, sehingga popularitas konten yang salah eja akan terus berkurang seiring waktu.

Jangan mencoba mengoptimalkan lebih dari 2-3 kata kunci dan frase

Jika Anda memiliki terlalu banyak topik pada halaman tertentu, akan sulit bagi kedua mesin pencari dan pelanggan Anda untuk menentukan apa yang Anda bicarakan. Jika Anda memiliki banyak hal untuk dikatakan, lebih baik menulis beberapa halaman pendek untuk setiap topik daripada mencoba untuk menjejalkan mereka semua ke dalam satu halaman.

Jangan menggunakan frase kata kunci Anda terlalu banyak

Periksa kepadatan kata kunci dalam halaman Anda untuk menentukan apakah Anda telah menggunakannya terlalu banyak. 10% atau lebih sudah terlalu banyak. Jangan terlalu memenuhi halaman Anda dengan kata kunci, karena bisa menyebabkan situs Anda diblok oleh mesin pencari.

Jangan mengandalkan link dari domain pada IP yang sama

Meskipun Google tidak diskriminasi terhadap domain yang memiliki IP yang sama (misalnya, domain yang menggunakan virtual host), mesin pencari lainnya mungkin. Hindari mencoba untuk meningkatkan inbound link Anda dengan link dari domain lain yang Anda miliki. Hal yang sama berlaku untuk domain host di penyedia hosting yang sama. Google tidak menghukum situs seperti ini, tapi mesin yang lain mungkin.

Jangan memiliki lebih dari 10 kata dalam URL Anda

Meskipun Anda ingin memiliki kata kunci dalam URL Anda (dan domain jika mungkin), URL panjang cenderung terlihat lebih mirip spam kepada para pelanggan dan mesin pencari. Pada dasarnya ini bukan masalah serius. Jika Anda perlu memiliki 11 atau 15 kata dalam URL Anda, seharusnya tidak menjadi masalah, selama Anda tidak melakukannya sepanjang waktu.

Avoid or Get Banned


Jangan pernah redirect ke domain lain

Mengarahkan ke domain lain bukan berarti bahwa Anda akan dilarang mesin pencari. Tapi itu adalah trik spammer yang sangat umum digunakan. Jika Anda mengatur redirect yang menuju ke domain baru, Anda perlu menulis sebagai 301 HTTP redirect, bukan 302 atau meta refresh. Ini memberitahu mesin pencari bahwa redirect ini adalah permanen, dan mereka harus mengubah ke domain baru di direktori mereka.

Jangan menyertakan teks tak terlihat pada halaman Anda

Menyembunyikan teks dengan membuat warna yang sama dengan warna latar belakang dapat menipu pelanggan Anda, tetapi tidak akan menipu mesin pencari. Variasi lain dari ini adalah di mana Anda membuat ukuran font begitu kecil hingga tak terbaca oleh mata telanjang.

Search engine memahami CSS, font, dan warna latar belakang. Mereka juga mengetahui bahwa ukuran font 1px tidak akan dapat dibaca. Teks yang tersembunyi dari pembaca Anda, tetapi terlihat oleh mesin pencari dianggap spam dan akan membuat situs Anda dilarang.

Jangan link gambar tak terlihat

Gambar tak terlihat adalah gambar dengan piksel 1×1 dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang pada halaman Web. Hal ini mirip dengan menyembunyikan teks. Jika Anda melakukan ini untuk mengoptimalkan halaman Anda, situs Anda akan diblokir.

Jangan membuat doorway pages

Doorway pages adalah halaman HTML yang sangat sederhana yang ditulis untuk mengoptimalkan berat pada satu atau dua kata kunci atau frase kata kunci. Dan mereka diprogram sehingga search engine spider melihat mereka, tapi pembaca reguler dibawa ke situs nyata.

Doorway pages dirancang untuk mengelabui mesin pencari dengan membuatnya berpikir bahwa situs tersebut memiliki relevansi kata kunci spesifik. Tapi kenyataannya mesin pencari adalah mesin yang sangat pintar. Jadi, kebanyakan mesin pencari akan memblokir situs dari direktori mereka jika mereka menemukan Anda menggunakannya.

Jangan pernah menampilkan konten yang berbeda untuk spider dengan pembaca Anda

Hal ini sering disebut cloaking karena merupakan upaya untuk membuat halaman situs Anda dianggap lebih cocok oleh mesin pencari. Akan sangat menggoda untuk menggunakan cloaking, tapi ingatlah bahwa mesin pencari tidak suka. Search engine ingin menyediakan sumber daya informasi yang nyata, bukan sesuatu yang telah diprogram  untuk menampilkan hasil buatan. Ketika mereka menemukan bahwa situs Anda adalah cloaking, situs Anda akan dihapus dari direktori pencarian.


Meski trik SEO begitu Banyak, tetap saja kualitas konten blog Anda adalah komponen utama dalam jagad web. Tak jarang kita melihat situs yang tidak terlalu mementingkan SEO tetapi menjadi situs yang cukup terkenal. Ada juga situs yang terlalu manipulatif dalam SEO dan justru akhirnya diblokir oleh Google. Hati-hatilah, dan tetaplah bersikap wajar. Utamakan kualitas artikel Anda.

GFV4WS9XHWY2

Iklan
Categories: Internet, Kiat-Kiat, Komputer | Tag: , , , , , , , , , , , , , | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “45 Tips dan Trik SEO Terpenting dan Terpopuler

  1. Numpang naruh link ya GetBlogs

  2. Uptime 99% itu cuma promosi doang, jadi uptime tidak terlalu berpengaruh

  3. Ping-balik: Langkah-Langkah Penting dalam Memposting Artikel di Blog WordPress | Berbagi Ilmu

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s