Firefox 5, Sebuah Perbaikan atau Sebuah Browser Baru?

Bagi sohib-sohib setia Firefox dan selalu mengupdatenya pasti sudah mengetahui bahwa Mozilla telah mengeluarkan Firefox versi baru, Firefox 5. Meski sudah kita ketahui Firefox 4 juga adalah versi Firefox yang baru diluncurkan. Dari hal tersebut juga saya sudah curiga pada versi ini. Benarkah ini versi yang benar-benar baru atau hanyalah perbaikan dari versi sebelumnya? Apakah versi 5 ini tampil dengan berbagai fitur baru?

Yang saya rasakan setiap pergantian versi, yaitu adanya penambahan fitur dan perbedaan tampilan yang cukup mencolok. Namun di versi ini saya tidak merasakan hal demikian. Dan setelah googling dan baca-baca memang ternyata Firefox 5 ternyata dapat dikatakan versi ini hanya perbaikan dari Firefox 4 dan kita tidak akan mendapatkan berbagai fitur baru disini. Apa saja yang bertambah di versi 5 ini ?

Beberapa tambahan fitur dan perbaikan di Firefox 5 adalah

  • Tambahan menu atau opsi “Do not Track Me”
  • Perbaikan performa JavaScript, Memory, networking dan Canvas
  • Perbaikan dan peningkatan masalah keamanan penggunaan fitur WebGL
  • Mendukung Animasi CSS
  • Peningkatan terhadap standardisasi HTML5, XHR, MathML, SMIL dan Canvas
  • Perbaikan integrasi dengan desktop di Linux
  • Beberapa perbaikan masalah stabilitas dan keamanan

Fitur Do not Track Me dapat ditemukan di Options > Privacy. Jika opsi ini diaktifkan, maka web browser tidak akan menyimpan jejak yang biasa di tinggalkan aau digunakan oleh website yang kita kunjungi, seperti misalnya Cookies.

Animasi CSS disini berarti kita (pengembang web) akan bisa memanfaatkan fitur untuk menggerakkan gambar menggunakan CSS3. Meskipun dukungan fitur ini masih belum sepenuhnya lengkap. Sebagai contoh bisa melihat Animasi CSS Matrix dan juga Halaman 404 Net Magazine. Jika kita menggunakan web browser Chrome, maka animasi Matrix diatas akan terlihat, tetapi di Firefox 5 masih belum jalan, Untuk animasi cover di firefox 5 sudah terlihat.

Untuk score HTML5 (test web browser terhadap dukungan HTML5) Firefox 5 ada peningkatan, meskipun masih dibawah Chrome.

Pengalaman saya pribadi, sejak menggunakan FF 4 dan 5 kadang ketika web browser sedang mengolah data atau membuka web, tidak jarang akan terjadi “hang” selama beberapa detik (kadang beberapa menit) dan ini cukup mengganggu. Semoga di versi berikutnya ini dapat diperbaiki, termasuk penggunaan Memory (RAM) yang masih lumayan besar sehingga memberatkan komputer.

Categories: Internet, Komputer, Software | Tag: , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

1 thoughts on “Firefox 5, Sebuah Perbaikan atau Sebuah Browser Baru?

  1. makin mantap aja nich firefox n maju terus

Tulis komentar Anda