Kiat-Kiat dalam Memilih Dokter Gigi

Perawatan gigi yang berkualitas tidak hanya meningkatkan rasa percaya diri tetapi juga mencegah dan meminimalkan rasa ketidaknyamanan gigi pada jangka panjang. Oleh karena itu, memilih dokter gigi pribadi yang kita percayai adalah hal penting. Bagaimana cara memilih doktergigi yang tepat? Drg. Donna Pratiwi, Sp.Prosto dalam bukunya “Gigi Sehat dan Cantik” menjelaskan enam kiat dalam memilih dokter gigi.

SESUAI KEBUTUHAN

Sebagian besar dokter gigi umum menyediakan jasa perawatan yang luas cakupannya, tetapi tidak mendalam. Jika Anda ingin dirawat dengan tenaga spesialis tetapi kurang paham bidang spesialisasi yang mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda, Anda dapat mengunjungi dokter gigi umum dulu. Dokter gigi umum akan menjelaskan dan merujukkan Anda ke tenaga spesialis yang tepat.

Spesialisasi dalam kedokteran gigi antara lain:

  • Bedah mulut dengan Gelar Sp.BM
  • Endodonsia (Konservasi Gigi) dengan Gelar Sp.KG
  • Oral Medicine (Penyakit Mulut) dengan Gelar Sp.PM
  • Ortodonsia dengan Gelar Sp.Ort
  • Pedodonsia (Ilmu Kedokteran Gigi Anak) dengan Gelar Sp.KGA
  • Periodonsia dengan Gelar Sp.Perio
  • Prostodonsia dengan Gelar Sp.Pros
  • Radiologi Kedokteran Gigi dengan Gelar Sp.RKG

PERAWATAN DETAIL DAN MENYELURUH

Dokter gigi yang baik harus memperhatikan dengan detail mengenai kondisi yang dialami pasiennya. Pemeriksaan menyeluruh ditambah rontgen diperlukan untuk menegakkan diagnosis sebelum membuat rencana perawatan tiap pasien secara individual.

PEMERIKSAAN KLINIS DAN TINDAK LANJUTNYA

Pemeriksaan klinis meliputi inspeksi seluruh gigi, gusi, lidah, bibir, pipi bagian dalam, kulit di sekitar wajah dan leher. Dokter gigi kemudian akan menjelaskan hasil pemeriksaannya dan menyarankan rencana perawatan jika ada masalah yang ditemukan.

KUALITAS PERAWATAN

Kualitas perawatan dapat ditunjukkan dari lamanya hasil perawatan dapat bertahan. Misalnya suatu tambalan yang mudah lepas atau timbul lubang baru di sekitar tambalan dalam beberapa waktu akan menunjukkan buruknya kualitas perawatan seorang dokter gigi.

Namun, harus diperhatikan juga bahwa lamanya hasil perawatan dapat bertahan tidak hanya dipengaruhi oleh dokter gigi tetapi juga memerlukan kerja sama pasien untuk mengikuti aturan pemeliharaan di rumah seperti yang disarankan dokter.

TIDAK HARUS MAHAL

Kualitas perawatan yang baik tidak selalu harus mahal. Besar kecilnya biaya perawatan gigi sangat bervariasi tergantung dokter gigi yang kita pilih. Yang penting adalah kita yakin perawatan tersebut memang kita perlukan dan kualitas dokter gigi kita memang baik.  Pastikan Anda telah mengerti dan menyetujui rencana perawatan yang disarankan oleh dokter gigi sebelum membuat perjanjian untuk melakukan perawatan tersebut.

Sebagian besar dokter gigi tidak akan menyebutkan besar biaya yang perlu dibayar. Namun Anda tidak perlu malu untuk menanyakan biaya yang Anda perlukan untuk perawatan dan adanya kemungkinan biaya tambahan di tengah perawatan. Hal ini perlu diantisipasi dari awal supaya Anda tidak mengeluarkan biaya lebih dari perkiraan.

REKOMENDASI ORANG LAIN

Tanyakan teman atau kenalan Anda, dokter gigi mana yang mereka rekomendasikan. Biasanya, ini adalah salah satu cara terbaik untuk menentukan dokter gigi mana yang akan Anda kunjungi sebelum Anda benar-benar memastikan akan menjalani perawatan olehnya. Namun pada akhirnya, pendapat Anda sendiri yang menentukan.

Sumber:

Iklan
Categories: Kiat-Kiat, Makhluk Hidup & Biologi, Sosial | Tag: , , , , , , , , , , , , , | 3 Komentar

Navigasi pos

3 thoughts on “Kiat-Kiat dalam Memilih Dokter Gigi

  1. wow, it’s astonishing how relevant this article is. thanks for posting such rich content. this is refreshing to see.

  2. sangat setuju, dokter gigi yang bagus memang nggak harus mahal. 🙂

  3. setuju sekali atas info ini..
    lebih baik periksa gigi 6bulan sekali ke dokter gigi, nggak harus mahal yang penting sehat.. 😀

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s