Perhatikan Saat Menginstall Menggunakan CNET Download Installer dan Sejenisnya

Salah satu situs download terbesar, CNET Download.com sudah beberapa minggu ini menggunakan metode download softwarenya menggunakan CNET Download Installer di banyak software yang tersedia di situs tersebut. Untuk mengunduh aplikasi atau program, kita akan diberi aplikasi kecil yang harus dijalankan terlebih dahulu, baru program ini akan men-download aplikasi sebenarnya.

Misalnya ketika kita ingin download Mozilla Firefox, maka yang kita dapatkan adalah aplikasi yang hanya berukuran sekitar 400 KB. Setelah dijalakan, aplikasi inilah yang akan mengunduh aplikasi Mozilla Firefox yang sebenarnya. Inilah yang sering menipu orang yang tidak teliti memeriksa ukuran software yang baru dia download. Ada apa dengan teknik ini?

Cnet menjelaskan bahwa teknik ini salah satu tujuannya agar ketika download terputus, maka kita tidak harus mengulang dari awal. Sebenarnya fitur tersebut tidak menjadi masalah, kecuali bagi yang tidak teliti memeriksa. Yang menjadi masalah lain adalah aplikasi 400 KB tersebut menambahkan aplikasi lainnya yang, jika kita tidak memeriksanya dengan benar, maka akan di install juga di komputer kita. Contoh aplikasi tambahan itu adalah Babylon Toolbar seperti tampilan dibawah ini.

Meskipun kita memilih untuk tidak menginstall aplikasi tambahan ini, tetapi ada eebagian pengguna yang biasanya (ketika menginstall program atau aplikasi) hanya mengklik Next, Next, Next dan seterusnya. Akibatnya aplikasi yang sebenarnya tidak diperlukan dan cenderung memperlambat komputer/internet atau bahkan ‘mematai-matai’ aktivitas kita ikut terinstall. Inilah makanya perlu ditekankan kehati-hatian saat menginstallnya. Jangan sembarangan klik Next.

Ciri Aplikasi Downloader

Ciri-ciri bahwa aplikasi yang kita download dari CNET hanya aplikasi downloader, yaitu biasanya di depan aplikasi tersebut ditambahkan nama cnet, misalnya : cnet_Firefox Setup 6_0_exe.exe, cnet_ccsetup309_exe.exe, cnet_hidden_file_tool_2_0_zip.exe, dan sebagainya.

Teknik ini tidak hanya dilakukan oleh CNET saja, sebelumnya banyak situs download semisal Brothersoft, Softonic, Tucows dan lainnya juga menggunakan teknik ini. Oleh karena itu sebaiknya hati-hati ketika menginstall program dengan cara membaca langkah-langkah penginstalan yang ditampilkan satu persatu. Alternatifnya, kita bisa langsung download suatu program dari pengembangnya langsung atau dari situs altertatif seperti FileHippo atau Softpedia.

 

Sumber: Ebsoft.web.id ditambah pengalaman pribadi

Categories: Internet, Kiat-Kiat, Komputer, Software | Tags: , , , | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Perhatikan Saat Menginstall Menggunakan CNET Download Installer dan Sejenisnya

  1. wahhhhhhhhh suatu komentar yg hebat kiii so nice one

  2. the_erdylovest@ymail.com

    thanks ya infonya berguna banget untuk lebih hati2 lagi dalam melakukan download aplikasi.

  3. fayna

    apakah memerlukan koneksi internet untuk instal program yang di download melalui cnet ?

  4. wido

    cara menhapus softnic downloader gimana

  5. abang reja

    syukran sob…. dh ngbantuin bnget. thank

  6. Yaqub

    Saran yang sangat membantu, semoga menjadi ibadah

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.