Tips Tingkatkan Performa Komputer

Komputer lelet sudah menjadi hal umum belakangan ini. Jika komputer lelet banget, mungkin tidak semuanya harus Anda serahkan pada tukang servis. Anda juga jangan langsung mengupgrade processor atau RAM komputer Anda, karena kesalahannya mungkin bukan di sana. Saya akan berikan sedikit penyebab komputer lelet dan tips yang bisa membantu menyelesaikan masalah Anda.

1. Low disk space

Salah satu penyebab umum komputer lelet adalah penuhnya hardisk komputer Anda. Hardisk yang penuh bisa menyebabkan pembacaan data lambat. Saran saya, Anda bisa menghapus sebagian data yang Anda anggap tidak penting. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur Disk Cleanup dari Windows untuk menghilangkan file yang tidak penting. Caranya klik Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Cleanup.

Disk Cleanup

Saran kedua, Anda bisa memanfaatkan fitur kompresi file yang disediakan beberapa software. WinRAR dan 7-Zip bisa Anda gunakan untuk mengompresi (mengecilkan ukuran) file dan memasukkannya dalam arsip (berekstensi *.rar, *.zip, *.7z dan sebagainya). FILEminimizer Pictures bisa digunakan untuk mengecilkan gambar.

2. Fragmented Files

Alasan kedua yang paling umum membuat komputer lelet adalah karena data di komputer Anda berantakan. Bukan pengaturan file yang berantakan yang terlihat di My Computer, tetapi sebenarnya penempatan file di hard disk Anda berantakan (fragmented file). Ini bisa dirapikan dengan menggunakan aplikasi Disk Defragmenter bawaan Windows.

Disk Defragmenter

Cara mengaksesnya klik Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> Disk Defragmenter. Untuk menggunakannya Anda pilih hardisk yang akan dirapikan lalu klik Defragment.

3. Bad Sector

Masih berkaitan soal hard disk, sebenarnya hard disk jika sudah tua kecepatan membaca datanya berkurang, dan beberapa memiliki bad sector. Bad sector adalah satu bagian di hard disk yang jika diakses bisa menyebabkan komputer hang. Untuk mengeceknya, bisa menggunakan aplikasi HDTune atau HDD Scan.

Hasil S.M.A.R.T scan HDD Scan

Anda bisa membaca artikel saya tentang bad sector ini di sini. Jika bad sector di hard disk Anda banyak, ada baiknya hard disk komputer Anda diganti.

4. Virtual Memory Minimum Too Low

Pernah melihat pesan ini di desktop Anda? Jika ya, berarti virtual memory/page file komputer Anda terlalu sedikit. Page file adalah bagian dari hard disk yang digunakan untuk menyimpan sementara proses yang sedang berlangsung/dijalankan.

Virtual Memory

Untuk menambah page file komputer Anda, bisa diatur di Control Panel -> System -> pilih tab Advanced -> pada bagian Performance, klik Settings -> klik Advanced -> pada bagian Virtual Memory, klik Settings. Anda bisa mengubah Page file sesuai dengan yang dibutuhkan, tetapi jangan terlalu besar, karena hal itu hanya akan menghabiskan tempat di hard disk.

5. High Specification Program

High specification program adalah program yang memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Hal ini biasanya diberitahukan saat Anda mendownload installer program tersebut. Program-program ini biasanya memerlukan processor yang canggih, menghabiskan tempat yang banyak di hard disk, Windows versi terbaru, dan RAM yang tidak sedikit.

Sebaiknya Anda pilih-pilih saat mendownload atau membeli program, misalnya Adobe Photoshop. Jika Anda hanya memerlukannya untuk mengedit foto yang sifatnya “sederhana” maka cukuplah menggunakan Adobe Photoshop CS 8.0. Tak perlu memiliki Adobe Photoshop CS5 karena pasti banyak fiturnya yang tak terpakai (selain memberatkan hard disk). Jika tersedia program yang portable (tak perlu diinstall) maka itu menjadi pilihan yang sangat bagus.

6. Terlalu Banyak Program

Terlalu banyak program di komputer bisa membuat komputer berat saat meloadnya ketika komputer dinyalakan. Terlalu banyak program yang berjalan di belakang (background program) bisa menghabiskan RAM Anda, apalagi jika Anda menggunakan Scheduler untuk membuatnya terakses secara otomatis. Saran saya jelas, uninstall program yang tak terpakai.

Add or Remove Programs

Untuk menguninstallnya bisa dengan mengakses Control Panel -> Add or Remove Programs. Saran kedua, Anda bisa menggunakan software portable yang tak menggunakan RAM sama sekali kecuali saat digunakan.

7. Startup Services

Masih berkaitan dengan nomor 6 tadi, beberapa program memiliki startup services sehingga memungkinkan kita untuk membukanya lebih cepat dan mudah (melalui System Tray). Tapi jika itu program yang tidak penting, hanya akan memberatkan saja. Saran saya, Anda bisa menggunakan TuneUp Startup Manager untuk menonaktifkannya. Anda bisa juga menggunakan Autoruns yang terkenal handal.

System Configuration Utility untuk menonaktifkan startup services Windows

Sebenarnya, Windows juga punya startup services sendiri, dan ini bisa memperlambat saat komputer booting/startup. Namun hati-hati saat mendisablenya, soalnya salah-salah komputer kita jadi rusak. Anda bisa membaca artikel saya tentang startup services Windows di sini.

8. Virus

Yap, kalau yang ini hampir semua orang sudah mengetahuinya. Virus komputer bisa menyebabkan data kita rusak, hilang, tersembunyi, komputer lambat, dan yang paling parah komputer tak bisa dipakai. Ada juga malware yang lain, yaitu Spyware. Ini bisa membuat kecepatan browsing menjadi lambat dan yang paling parah data-data pribadi kita bisa dilacak dan dicuri (seperti arti kata spy).

Avira 10

Anda bisa menggunakan antivirus luar negeri (yang terkenal ampuh dan fiturnya luar biasa banyak) seperti Avira, AVG, Norton, dll. Anda bisa juga menggunakan antivirus lokal seperti Smadav, Ansav, dan PCMAV untuk mendeteksi virus-virus lokal. Atau Anda mungkin memakai dua-duanya? Silahkan. Asal jangan terlalu banyak antivirus dipakai, karena antivirus bisa sangat memberatkan RAM dan antara antivirus satu dan yang lain bisa tabrakan. Triknya, selalu update antivirus Anda. Tidak boleh tidak.

Selain tips-tips di atas, Anda bisa meningkatkan performa komputer Anda menggunakan software seperti TuneUp Utilities, Advanced System Care, dan Super Utilities. Kebanyakan software tersebut tidak gratis, tapi bisa diakali, kok. Para vendornya sering mengadakan promosi, dan jika kebetulan ada berita promosi di internet, itu wajib dicoba. Saya sendiri mendapatkan Advanced System Care Pro secara gratis karena promosinya tahun lalu, hehe :). Anda bisa juga lewat jalan curang: mencari serial key di internet. Ini boleh dipakai, asal ingat untuk mematikan fitur automatic update-nya.

Sekian panduan dari saya, semoga membantu 🙂

Iklan
Categories: Informasi, Kiat-Kiat, Komputer, Software | Tag: , , , , , | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Tips Tingkatkan Performa Komputer

  1. Agung Rangga

    Wah, terima kasih tipsnya… 😀

    Silakan berkunjung… 🙂
    http://popnote.wordpress.com
    Terima kasih… 😀

  2. Suryadi IMFC

    setelah pke ASC komputer saya selalu bermasalah (2x mencoba). Akhirnya saya tinggalkan deh.

  3. Terima Kasih Infonya, sangat membantu 🙂
    Salam kenal… kalau boleh tukeran link yuk

  4. Sangat Bermanfaat Gan Thanks Tipsnya… 🙂

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s