Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline 1.2

KBBI adalah salah satu saran belajar terpenting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. KBBI dapat diperoleh dalam bentuk kamus yang dijual di toko-toko. Namun jika tidak ingin mengeluarkan uang, Anda bisa mencoba aplikasi kecil ini. Sebelumnya, pernah diluncurkan KBBI Offline 1.1. Tetapi kembali diupdate oleh pemiliknya karena ada kekurangan. Informasi berikut diambil dari blognya, ebsoft.web.id. Berikut artikel selengkapnya


Setelah beberapa bulan merilis KBBI Offline versi 1.1, saya belum pernah mengupdate software gratis ini. Tetapi, setelah kemarin blogwalking dan membaca salah satu review tentang KBBI ini, yang ternyata ada beberapa kekurangan, saya berinisiatif untuk memperbaikinya, karena menyebabkan hasil pencarian kurang tepat. Akhirnya alhamdulillah kini telah hadir KBBI Offline 1.2.

Update ini saya lakukan setelah membaca blog mas Sayyid Zuhdi tentang KBBI Luring, disana di review sekilas tentang Kamus KBBI dengan Stardict Mas Steven Haryanto, KBBI dalam format CHM Mas Nidlol Masyhud, Lc. dan KBBI Offline 1.1 buatan saya sendiri. Ditulis bahwa beberapa kata tidak tampil di KBBI 1.1 ini, seperti pencarian kata “sila”, “pos” dan “alienasi”.

kbbi-offline-1.2

setelah saya cek, untuk kata “alienasi” hasilnya ditampilkan, tetapi untuk kata “sila” dan “pos” memang tidak tampil di hasil pencarian paling atas, tetapi tampil di urutan agak tengah atau bawah dan harus menggeser scroll bar-nya. Dan ini tentu cukup merepotkan, bahkan sebagian pengguna mungkin mengira tidak menemukan kata tersebut. Dan ini tidak hanya kata tersebut, ternyata cukup banyak yang urutan hasilnya tidak aurat.

Akhirnya saya cek ulang kembali coding Delphi saya, dan ternyata ada kesalahan algoritma ketika mengurutkan hasil kata yang ditemukan. Sekarang di versi 1.2 ini, hal itu sudah diperbaiki sehingga kata yang sama dengan pencarian akan ditampilkan paling atas. Saya ucapkan Terimakasih kepada mas Sayyid Zuhdi atas review atau ulasannya.

kbbi offline 1.1 vs 1.2

Karena adanya kesalahan tersebut, maka pengguna KBBI 1.1 atau sebelumnya saya sarankan untuk mengganti dengan KBBI Offline 1.2 ini. Selain perbaikan urutan hasil yang lebih akurat, beberapa perubahan terdapat di tampilan ( tetapi masih tetap sederhana ), Judul yang sebelumnya KBBI – Kamus Besar Bahasa Indonesia- sekarang saya ganti dengan KBBI Offine serta perbaikan kata-kata turunan di daftar katanya.

Seperti sebelumnya, KBBI Offline 1.2 ini gratis (freeware) dan anda bebas menyebarluaskan ke siapa saja, melalui media apa saja. Silahkan jika ingin mengupload sendiri di Ziddu, Mediafire, Easy share, 4shared, blogspot atau link download lainnya. Dan jika disebarkan via web/blog/tulisan, ada baiknya mencantumkan link ke ebsoft.web.id.

Download KBBI Offline 1.2 – ukuran 3.3 MB ( silahkan pilih salah satu link download berikut )

Dikutip dari: ebsoft.web.id

Categories: Bahasa dan Sastra, Komputer, Software | Tags: , , , | 4 Komentar

Navigasi tulisan

4 thoughts on “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Offline 1.2

  1. Ping-balik: Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline « ARISUDEV

  2. mantap gan…ada key kav/kis 2012 nih..

  3. sip dah gan kamus bahasa indonesia nya…..

  4. Ping-balik: Kamus Besar Bahasa Indonesia Offline 1.3 « ARISUDEV

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.