Update Avira Bermasalah? Coba Solusi Berikut Ini

Anda tahu Avira Antivir? Antivirus andalan dari Avira Gmbh. ini adalah salah satu antivirus terbaik dan terbanyak digunakan di Indonesia.  Avira memiliki ukuran yang lebih kecil, kecepatan scan yang lebih baik, dan cukup user-friendly serta tak terlalu memberatkan system.

Namun, sering kita temui masalah saat meng-update antivirus ini (terutama versi free), entah gagal, update terlalu lama, dan lain sebagainya. Berikut tutorial cara-cara mengupdate antivirus ini.

Automatic Update

Untuk update otomatis, seharusnya tidak ada masalah. Tinggal klik kanan icon tray dan pilih  Start Update maka Avira akan otomatis meng-update diri sendiri. Bisa juga melalui tampilan di halaman utama (Start Center, bisa diakses lewat desktop). Dan mungkin memang agak lama. Kalau tidak berjalan, coba langsung menjalankan file preupd.exe di folder instalasi Avira (biasanya di C:\Program Files\Avira\Antivir Desktop).

Manual Update

Pada manual update, file update Avira di-download lalu diinstall secara manual. Dalam beberapa hal, proses ini termasuk cukup cepat, jika kita tidak mengupdate Avira berbulan-bulan (Avira kita ketinggalan zaman), terutama jika memakai download manager seperti DAP, Internet Download Manager, dll. Berikut tutorial selengkapnya.

Update manual Avira Antivir, baik Antivir Windows Professional, Avira AntiVir Premium, Avira Premium Security Suite dan Avira AntiVir Personal – Free Antivirus, versi 7, 8, 9 atau yang lebih baru (versi 10) dapat di download dari link yang sama, yaitu di link http://www.avira.de/en/support-vdf-update-info kemudian pilih Download VDF/IVDF File (tergantung versi Avira yang Anda punya).

Mengecek apakah file IVDF Rusak atau tidak

File update bertipe ZIP, jadi kita bisa mengecek apakah file yang kita download tersebut rusak atau tidak. Gunakan saja program seperti Winzip, Winrar, 7zip, IZArc dan sejenisnya, dan buka file tersebut. Jika tidak bisa dibuka, kemungkinan file tersebut rusak (corrupt). Jika bisa dibuka maka selanjutnya gunakan menu “Test” untuk mengecek file tersebut apa ada kerusakan atau tidak, jika tidak ada error maka file tersebut harusnya bisa digunakan untuk mengupdate.

Jika sudah download berkali-kali masih saja tidak bisa dibuka, maka pastikan download dengan “Download Manager” seperti FlashGet, DAP, GetRight, Internet Download Manager, Free Download Manager dan sejenisnya.

Cara Mengupdate Manual

Setelah file update tersebut di download dan tidak ada yang error/rusak, maka update bisa dilakukan dengan membuka Avira (Double klik icon di system tray, gambar payung atau klik kanan dan pilih menu “Start Antivir”, atau dengan double klik ikon di desktop). Setelah terbuka, pilih menu Update > Manual Update… (bagian atas).

kemudian akan muncul menu untuk mencari file ivdf_fusebundle_nt_en.zip. Cari file tersebut dan klik. Setelah itu pilih Open, maka proses update akan berlangsung. Jika proses gagal maka coba restart komputer terlebih dahulu dan ulangi proses Update. Jika sudah di restart masih juga gagal, maka coba Avira Antivir di-install ulang, mungkin ada file yang rusak.

Bagaimana Kalau Masih Gagal?

Jika update dengan cara-cara diatas masih saja gagal, maka coba alternatif berikut.

  • Extract file update di atas (ivdf_fusebundle_nt_en.zip) di folder baru.
  • Buka Run (Start Menu > Run ), tulis services.msc dan tekan enter atau klik OK.
  • Akan ditampilkan window “Services”. Dari panel disebelah kanan klik judul kolom “Name” sampai kolom itu urut berdasarkan nama dari A – Z.
  • Disana ada 2 Service Antivir yang ada, yaitu : AntiVir PersonalEdition Classic Guard dan AntiVir PersonalEdition Classic Scheduler.
  • Klik kanan dan pilih Stop. Jika menunya tidak aktif, maka Klik kanan dan pilih Properties kemudian bagian Startup type lalu pilih Disabled. Dua-duanya lakukan hal yang sama.
  • Restart Komputer.
  • Setelah itu, copy semua file hasil extract file update di folder instalasi Avira, tumpuk saja file yang lama. Biasanya berlokasi di C:\Program Files\Avira\Antivir Desktop.
  • Jika sudah selesai, Kembali jalankan (start) 2 services Antivir diatas (pilih Startup type Automatic kemudian restart komputer (ebsoft.web.id).

Dengan cara ini, maka Antivir bisa diupdate, tetapi keterangan di Last Update masih tidak berubah, meskipun sudah diupdate, tak perlu dihiraukan. Nanti akan berubah ketika update dilakukan secara normal. Jika cara-cara update diatas masih juga gagal, kemungkinan ada konflik dengan aplikasi lain atau bisa juga komputer tersebut terinfeksi virus.

Sumber: ebsoft.web.id, Antivir on the internet.

Categories: Komputer, Software | Tags: | 6 Komentar

Navigasi tulisan

6 thoughts on “Update Avira Bermasalah? Coba Solusi Berikut Ini

  1. yani

    thanx for ilmunya gan…
    ijin nyimak

  2. wien

    mantap gan….

  3. armstrongproduct

    AViRA sayA YAng di LAptop KAyanye BermASALAh niy … SemaLEM Saya klIK STArt uPDAte, SudaH 200MB an tetAPi downLOAdnye MASIh JALAn teruS, AneH

    aRMStroNG_ProducT@YahOo.co.ID

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.