Simple Past Tense

Sebenarnya saya ingin menulis artikel ini dalam Bahasa Inggris, tapi berhubung yang membacanya pasti orang Indonesia karena orang Inggris pasti sudah memahaminya, maka saya tulis artikel ini dengan Bahasa Indonesia.

Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan aktivitas, kegiatan, atau kebiasaan yang dimulai dan berhenti di waktu yang spesifik di masa lampau.

Simple Past Tense is used to express activities, events, or habits that started and finished at a specific time in the past.

Rumus/Pattern :

(+) S + V2 + O

(-) S + didn’t + V1 + O

(?) Did + S + V1 + O + ?

Contoh :

(+) I killed a monkey last Monday.

(-) I didn’t kill a monkey last Monday.

(?) Did I kill a monkey last Monday?

Kita dapat menambahkan keterangan waktu di belakang kalimat, seperti :

*        Yesterday

*        Last week

*        Last month

*        Last night

*        Two days ago

*        Three years ago, dan lain-lain

Jika kita lihat rumusnya, ada tulisan V1 dan V2 kan? Di sini, V1 menyatakan kata kerja bentuk pertama (seperti yang biasa kita lihat, tanpa penambahan apapun) seperti yang digunakan dalam present tense. Sementara V2 adalah kata kerja bentuk kedua atau bentuk lampau.

Kata kerja dibagi menjadi dua, yaitu regular verb dan irregular verb (kata kerja beraturan dan kata kerja tidak beraturan). Masih ingat kedua kata kerja tersebut? Kalau lupa atau belum pernah diajarin (jika Anda adalah anak SD), saya akan coba jelaskan.

1. Regular verb (kata kerja beraturan), kata kerja bentuk ini bentuk keduanya (bentuk past-nya) cukup ditambahkan –d atau –ed di belakang kata tersebut. Namun jangan asal nambahin, lho! Ada aturannya!

ö  Jika huruf terakhir kata itu huruf hidup, cukup tambahkan –d di belakang kata.

ö  Jika huruf terakhir huruf mat, tambahkan –ed di belakang kata. Seperti kata call-called.

ö  Jika huruf terakhir kata itu adalah ‘y’ dan huruf kedua dari belakang adalah huruf mati, maka huruf ‘y’ itu dibuang dan diganti menjadi –ied. Seperti kata study-studied.

2. Irregular verb (kata kerja tak beraturan), sesuai namanya (entah siapa yang beri nama) kata kerja ini memiliki bentuk yang tak beraturan dan berbeda dari kata kerja biasa. Untuk mengatasi kata kerja ini tak lain dan tak bukan adalah dengan menghapalkannya, karena tak ada jalan lain. Berikut beberapa contoh irregular verb. Jika ingin lebih lengkap, sebaiknya lihat kamus yang ada bagian irregular verb-nya.

*        Go-went

*        Buy-bought

*        Bring-brought

*        Run-run

*        Cut-cut

*        Sing-sang

*        Swim-swam

*        Write-wrote

Simple past dapat menyatakan durasi kejadian yang mulai dan berhenti di masa lampau dan biasanya menggunakan kata ‘for’. Ingat kata ‘for’ di sini bukan berarti ‘untuk’ tetapi berarti ‘selama’.  Contoh :

*        I ate chicken nugget for fifteen minutes.

*        They programmed the software for two years.

*        My friend played online games all day.

Ada beberapa kata keterangan untuk simple past tense, seperti always, just, never, only, dll. Penempata kata-kata tersebut adalah di antara subjek da kata kerja. Contoh :

*        I never paid for it.

*        He always played badminton in this stadium, but now he never come.

*        Aldo only sold shoes in his shop.

Simple past tense dapat dipasifkan. Anda tentu pernah belajar tentang kalimat pasif di Bahasa Indonesia, kan? Kalau belum, silahkan belajar secepatnya. Rumus pasif dari simple past tense adalah S + was/were + V3 + by + O (untuk kalimat positif).

Keterangan :

–        V3 adalah kata kerja bentuk ketiga (past participle). V3 untuk regular verb cukup ditambahkan –d atau –ed di belakang kata (seperti yang sudah saya jelaskan) sementara untuk irregular verb dapat dilihat pada kamus.

–        Jika di kalimat aktif (yang sudah dijelaskan tadi) ada objeknya, maka di kalimat pasif objek itu menjadi subjek dan subjek di kalimat aktif menjadi objek di kalimat pasif (cukup dibalik saja, jika Anda belajar Bahasa Indonesia dengan cukup baik, Anda akan mengetahui penyebab hal ini).

Contoh kalimat pasif :

He ate a big snake (aktif) menjadi The snake was eaten by him (pasif).

Sekian artikel dari saya, saya mohon maaf jika ada kesalahan penulisan atau apa, karena saya juga seorang manusia. Kritik dan komentar dapat ditulis pada forum komentar di bawah. Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat.

Iklan
Categories: Bahasa dan Sastra | Tag: | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Simple Past Tense

  1. Wah bisa belajar bahasa inggris nih di sini… tolong tulis artikel yang lebih banyak lg yang tentang bahasa inggris….

    salam kenal, ditunggu kunjungan baliknya…..

  2. thank’s I like

  3. masih binggung penggunaan always,usually dll pada past tense.spt yg kita ketahui always tu kan ket wktu pada presnt tense.bukan kah “used to” lebih tepat ketimbang always dkk..pada pst tense.trims.tlong d jelaskan.

  4. saya bingung :/

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s