Tips Menghemat Baterai Gadget Android Anda

android phoneMemiliki gadget canggih jutaan rupiah sekelas Samsung Galaxy S4 atau Samsung Galaxy Tab 7.0 tidak akan sempurna bila baterai perangkat cepat habis. Lagi enak-enaknya main game, eh tiba-tiba baterai lemah. I know that feel bro… Nah, sekarang bagaimana caranya supaya baterai bisa lebih hemat? Coba ikuti tips-tips berikut ini:

  1. Pilih operator yang memiliki jaringan stabil, supaya device tidak selalu mencari sinyal.
  2. Jangan membawa perangkat ke tempat-tempat yang sulit sinyal, seperti gedung, pojok ruangan, saku celana, dan di balik bantal. Device yang mencari sinyal akan menjadi sangat boros dan memancarkan radiasi berkali lipat sehingga membahayakan kesehatan.
  3. Jika sinyal di handset lemah (satu atau dua bar saja) atau tidak ada sinyal, langsung beralih ke airplane mode (tekan dan tahan tombol daya, pilih airplane mode/mode pesawat terbang). Airplane mode akan mematikan semua koneksi wireless termasuk jaringan GSM/CDMA, Bluetooth, dan Wi-Fi. Ini akan sangat menghemat baterai karena sejauh ini koneksi wireless-lah penguras utama baterai. Ada baiknya airplane mode diaktifkan saat kita tidur.
  4. Jika dirasa tidak perlu digunakan, handset bisa dimatikan. Misalnya kita sedang mengikuti tes, berada di tempat dimana dilarang mengaktifkan perangkat, atau sedang tidur dan tidak perlu menyalakan alarm, kita bisa dengan aman mematikan perangkat.
  5. Berhemat di screen brightness and screen timeout. Jika keadaan sekitar tidak terlalu terang, atur saja screen brightness-nya jadi paling rendah. Screen brightness yang terlalu tinggi juga menyebabkan mata cepat perih. Screen timeout atur saja menjadi yang terendah.
  6. Sesuaikan profile sehemat mungkin, matikan vibrate/getar jika tidak diperlukan.
  7. Matikan keypad tone.
  8. Matikan bluetooth bila tidak diperlukan.
  9. Matikan Wifi bila tidak diperlukan.
  10. Matikan GPS bila tidak diperlukan.
  11. Jangan gunakan live wallpaper. Cukup gunakan wallpaper biasa.
  12. Jika menggunakan launcher selain launcher bawaan Android, pakai animasi yang standar saja.
  13. Matikan semua window animations. Masuk ke Settings >> Display >> Animation >> No animations.
  14. Hapus aplikasi dan theme yang jarang digunakan (ini juga akan menghemat memory).
  15. Pindahkan aplikasi yang terinstal ke SD Card. Masuk ke Settings >> Applications >> Manage Applications >> Pilih aplikasi yang akan dipindahkan >> Move to SD Card. Jika tombol move tidak bisa ditekan, berarti itu memang aplikasi yang tidak boleh dipindahkan. Beralihlah ke aplikasi lain. Memindahkan aplikasi ke SD Card seringkali mampu mengurangi pemakaian memory dan lamanya pembacaan data. Selain itu aplikasi yang dipindahkan ke SD Card ukurannya akan lebih kecil dari ukuran aslinya.
  16. Sering-sering cek aplikasi yang berjalan menggunakan task manager. Matikan aplikasi yang tidak diinginkan. Jika perlu, klik saja ‘bersihkan RAM’ (tersedia untuk Android 2.3+). Pastikan semua data sudah di-save.
  17. Jika mendengarkan musik, kecilkan volumenya. Selain menghemat baterai, menjaga kesehatan telinga, juga menghindari omelan ibu 😀
  18. Mengurangi lama panggilan, intensitas sms, game, dan internet sudah pasti. Matikan jaringan datanya (Settings >> Wireless & networks >> Mobile networks >> hilangkan centang di Data enabled).
Categories: Kiat-Kiat | Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Tips Menghemat Baterai Gadget Android Anda

  1. saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul ,

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.