Percepat Proses Copy Windows

Jika kita mengcopy file dalam jumlah sedikit, mungkin kita tak mengalami masalah. Namun lain halnya jika kita mengcopy file-file dalam jumlah besar (termasuk yang ukurannya besar). Saya sering memperhatikan saat kakak saya mengcopy video-video MV Korea yang tentu ukurannya besar. Saya terkadang malas melihatnya. Bayangkan, mengcopy 5 file saja butuh 2 menit? Sungguh penghabisan waktu.

Nah sekarang saya mendapat informasi bagus dari lifehacker.com yang menjelaskan tentang lima file copier yang paling dahsyat. Tapi, apa Anda tahu apa itu file copier? File copier adalah aplikasi komputer yang dapat memindahkan file dan menyalin file di komputer kita. Tentu saja Windows sudah menyertakan file copier di setiap versinya, tetapi tak ada salahnya, kan, mencoba file copier yang lebih cepat? Berikut informasi selengkapnya.

CopyHandler (Windows, Gratis)

CopyHandler

CopyHandler sudah terintegrasi dengan Windows shell, sehingga kita dapat meng-copy file via klik kanan di file yang ingin di-copy. Selain itu CopyHandler ini memberi  fasilitas untuk mem-pause proses copy file dan men-shut down komputer setelah proses selesai.

TeraCopy (Windows, Basic: Gratis / Pro: $21)

TeraCopy

TeraCopy adalah salah satu file copier yang telah cukup dikenal, dengan program yang telah terintegrasi dengan Windows shell dan mendukung drag-and-drop. TeraCopy menyediakan pengaturan lanjutan untuk lebih mempercepat proses copy, memberitahu adanya kesalahan, dan  lain-lain. TeraCopy juga tersedia dalam versi portable (tidak perlu diinstall). Versi Pro ($21) dapat menyeleksi file berdasarkan ekstensi dan menghapus file dari antrian tanpa restart program.

SuperCopier (Windows, Gratis)

SuperCopier

SuperCopier menjadikan dirinya  drag-and-drop handler default ketika program masih aktif. Anda dapat menjadikan SuperCopier menjadi versi portable dengan mengubah Settings Location menjadi “.ini file” SuperCopier juga dapat memberitahu apakah atribut file dan pengaturan keamanan file juga akan di-copy.

RichCopy (Windows, Gratis)

RichCopy

RichCopy delah dirancang sejak tahun 2001 namun dipublikasikan baru-baru ini. RichCopy menawarkan semua fitur populer yang dimiliki RoboCopy namun memiliki interface yang lebih familiar. RichCopy menawarkan banyak pengaturan untuk proses copy file Anda, seperti file filtering, dan memberi profile dalam setiap file yang akan di-copy, dimana profile tersebut dapat diubah-ubah, sehingga Anda seakan memiliki kuasa penuh atas file yang akan di-copy.

FastCopy (Windows, Gratis)

FastCopy

Tampilan FastCopy tidak terlalu cantik, namun memiliki kecepatan yang sesuai dengan namanya. Program ini mampu membuat secure overwrite, dimana file dipindahkan secara lebih aman. FastCopy juga menawarkan aksi spesifik terhadap suatu file, tergantung pengaturan Anda.

Jika ingin membaca artikel selengkapnya, bisa mengunjungi link  berikut: http://lifehacker.com/5280976/five-best-alternative-file-copiers karena artikel ini hanya terjemahannya saja (dengan sedikit pengurangan, karena Bahasa Inggris yang digunakan cukup sulit dan sulit juga mencari arti Bahasa Indonesia yang pas).

Iklan
Categories: Komputer, Software | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Percepat Proses Copy Windows

  1. Suryadi IMFC

    Saya sih menggunakan TeraCopy 😀

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s