Coba Periksa Hard Disk Komputer Anda

Hard Disk

Hard disk adalah salah satu komponen hardware (perangkat keras) komputer yang berfungsi untuk menyimpan data, program, dan sistem operasi. Hard disk ini adalah komponen yang tak dapat terpisahkan dari sebuah komputer. Oleh karena itu patut dijaga “kesehatannya”.

Namun sering terjadi hard disk justru membuat komputer kita “hang” . Ini bisa terjadi jika hardisk sudah aus sehingga ada bagian yang tidak bisa di akses ( bad sector). Biasanya ini bisa terjadi jika komputer sering dimatikan tanpa shutdown atau listrik yang tiba-tiba sering mati (tanpa UPS). Selain itu mungkin juga karena memang umur hardisk yang memang sudah tua.

Jika ada bagian hardisk yang menjadi bad sector, maka sudah pasti akan berimbas ke kinerja komputer. Komputer bisa melambat atau sering hang ketika kita menjalankan program tertentu. Selain itu bisa juga data kita yang (pernah) tersimpan menjadi rentan terhadap kerusakan. Jika sudah seperti itu, bagaimana cara kita memeriksa kondisi hardisk di komputer ?

Sebenarnya ada berbagai dara untuk mengatasinya. Kita bisa saja menggunakan bawaan Windows berupa fitur checkdisk (chkdsk) tetapi untuk menggunakannya harus restart komputer dulu dan tampilannya kurang “user friendly”. Alternatifnya, bisa menggunakan kedua software portable berikut yang tentu tampilannya lebih baik dan informatif.

1. HD Tune

Overview HDD Tune

Aplikasi ini memiliki 4 fasilitas utama ( dalam 4 tab), yaitu Benchmark, Info, Health dan Error Scan. “Benchmark” berguna untuk mengetahui seberapa cepat akses baca tulis (read and write) dan waktu akses hardisk. “Info” memberikan informasi tentang drive dan fasilitas yang di support hardisk serta detail informasi tentang firmware Hard Disk.

“Health” akan memberikan kondisi atau status “kesehatan” hardisk. “Error Scan” untuk memeriksa apakah ada yang rusak dengan Hardisk tersebut. Fasilitas Error scan ini dapat kita manfaatkan untuk memeriksa kondisi hardisk. Agar hasilnya akurat maka jangan memeriksa dengan Quick Scan, sebaiknya hilangkan tanda cek di menu Quick Scan.

Hasil scan hard disk

Jika terlihat ada blok yang berwarna merah, itu adalah bagian hardisk yang rusak/error, dan biasanya disebut dengan bad sector. Jika bagian itu diakses sering menyebabkan komputer hang. Selain informasi tersebut HD Tune juga memberikan informasi suhu/temperatur Hard Disk.

Berminat? Download di situsnya http://www.hdtune.com/

2. HDDScan

Aplikasi kedua ini lebih mengkhususkan diri untuk memeriksa kondisi hardisk ( low level HDD Scan), sehingga informasi scan lebih detail, yaitu dengan menampilkan waktu akses masing-masing blok (bagian) di hardisk. Informasi baca tulis juga di sertakan. HDDScan men-support IDE/SATA/SCSI hard disk drives, RAID arrays, external USB/Firewire hard disks dan juga Flash cards. Berikut contoh tampilan scan dengan HDDScan ( versi 2.8).

HDD Scan

Hardisk yang masih baik seharusnya memiliki blok yang berwarna hijau sangat sedikit atau kalau perlu tidak ada, demikian juga blok yang berwarna orange atau merah. Jika ada blok yang berwarna merah, maka kedepannya bisa menjadi bad sector (warna biru tua). Sedangkan blok yang berwarna biru tua (bad block) menunjukkan bad sector (tidak bisa diakses), sehingga seharusnya tidak ada.

Berminat dengan HDD Scan? Download di link berikut http://hddguru.com/software/2006.01.22-HDDScan/

Informasi tambahan : pastikan ketika melakukan scan hardisk, tidak sambil menjalankan aplikasi lain.

Sumber:

Periksa Kondisi Hard Disk Komputer Anda << Ebsoft.web.id

Categories: Kiat-Kiat, Komputer | Tags: | 11 Komentar

Navigasi tulisan

11 thoughts on “Coba Periksa Hard Disk Komputer Anda

  1. Asking…
    misalkan hardware komputer kotor karena debu apakah berpengaruh pada tampilan atau fungsi2 komputer pada saat nyala?makasih sebelumnya. Sukses trus ya buat blognya^^

    webdesigner
    mustika mentari

  2. info menarik.. makasih udah di share..

  3. Ping-balik: Hardisk Berkapasitas Terbesar 1 Yottabytes

  4. izin donload softwarenya bozz 🙂

  5. Ping-balik: Tips Tingkatkan Performa Komputer « Ari's MiniBlog

  6. Ping-balik: Kenali Kondisi Hard Disk dari Suaranya « Ari's MiniBlog

  7. Ping-balik: Kenali Kondisi Hard Disk dari Suaranya « Blog NizarSW

  8. berkuda

    thx a lot bro ats sharing’y… Lup u pull lah

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.