Apa Manfaat Folder MSOCache?

Jika kita menginstall Microsoft Office 2003, 2007 atau Office 2010 dengan installasi bawaan, biasanya di drive tempat terinstallnya office ini akan ada folder yang namanya MSOCache. Biasanya kita akan melihat folder ini di drive C:. Apa sebenarnya isi folder ini dan apa manfaatnya? Bisakah folder ini dihapus?

Ketika kita menginstall Microsoft Office ( 2003, 2007 atau 2010 ) maka otomatis file-file installasi office tersebut akan dicopy di drive dimana office tersebut di-install. Misalnya kita menginstall Office di drive C, maka folder ini akan dibuat di C:\MSOCache.

Folder MSOCache mempunyai atribut hidden, sehingga jika windows explorer di set untuk menyembunyikan file dan folder yang di-Hidden, maka folder ini tidak akan terlihat. Untuk melihatnya, aktifkan melalui Folder Options. ( Tools > Folder Options, pilih tab “View” dan beri check “Show hidden files and folders“).

Manfaat MSOCache


MSOCache yang berisi file-file installasi office mempunyai beberapa manfaat atau fungsi, sehingga ketika melakukan hal-hal berikut kita tidak perlu menggunakan CD installasi Office :

  • Detect and Repair Operation (operasi untuk mendeteksi dan memperbaiki jika installasi office mengalami kerusakan)
  • Permintaan operasi install
  • Mode perbaikan/maintenance office
  • Installasi service pack dan update

Dengan adanya MSOcache, operasi-operasi diatas tidak memerlukan CD/DVD office, tinggal mengambil file-file yang sudah ada. Jika operasi diatas tidak begitu penting atau ketika diperlukan kita lebih memilih menggunakan CD, maka folder ini aman untuk dihapus ( langsung saja delete melalui windows explorer), mengingat Folder MSOCache mempunyai ukuran yang cukup besar, untuk Office 2007 hampir 500 MB dan 2010 hampir 700 MB.

Ketika menginstall Office, di beberapa langkah terakhir juga disediakan opsi apakah kita akan menghapus file-file installasi di MSOcache ini. Jika kita memilih iya, maka folder MSOcache tidak akan dibuat.

Sumber: ebsoft

Categories: Komputer | Tags: , , , | 6 Komentar

Navigasi pos

6 thoughts on “Apa Manfaat Folder MSOCache?

  1. makasih om buat info nya….

  2. saya punya masalah untuk folder MSOCache berada di D:// bukan C:// padahal tidak pernah ada instalan yang mengarah ke d://

    beri penjelasan

    • oh… saya juga begitu kok.
      itu tandanya ada kesalahan saat instalasi windows pertama kali.
      jangan khawatir, itu tidak akan merusak sistem

  3. Vincencius Giorgino Beny

    oh ya om.., saya pny office 2007 trus saya liat msocache nya di drive c:/ sebelumnya ada isi foldernya tp, skrg kok ga ada isinya cuma foldernya doang, tus saya buka word 2007 gak bisa suruh browse.., saya bingung.., gimana cara ngatasinya ? mihon penjelasanya..,

  4. zzz

    COPAS

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.