Hapus Spyware dari Komputer dengan Spybot Search & Destroy

Spyware adalah sebuah program tersembunyi dalam komputer yang memiliki fungsi umum memata-matai sebuah komputer. Jika sedah terinfeksi, data-data penting dalam komputer bisa dibajak orang tidak dikenal. Aktifitas kita dalam berinternet juga bisa dilacak (ini yang paling umum). Spyware secara tersembunyi melacak kegiatan berinternet Anda untuk menciptakan profil pemasaran Anda dan mengirimkan data tersebut kepada perusahaan iklan.

Ciri Komputer Terinfeksi Spyware

Ketika Anda melihat adanya deret alat tambahan para Penjelajah Internet Anda, namun Anda tidak pernah memasangnya, atau browser Anda berhenti tiba-tiba, atau halaman utama web Anda telah “dibajak” (atau berubah tanpa sepengetahuan Anda), maka komputer Anda dipastikan terinfeksi spyware. Walaupun Anda tidak melihat gejalanya, komputer Anda mungkin terinfeksi, karena semakin banyak spyware yang bermunculan. Spyware kadang muncul dalam bentuk trojan

Untuk mengatasi spyware, saat ini di internet banyak bermunculan program Anti-Spyware, seperti Spyware Terminator, Spybot, Ad-Aware, dll. Tapi yang terbaik menurut saya adalah Spybot – Search & Destroy. Alasannya karena gratis dan fiturnya cukup lengkap. Banyak juga situs review yang mencantumkan Spybot S&D sebagai salah satu antispyware terbaik.

Fitur-fitur

Spybot-S&D dapat membersihkan jejak pemakaian, sebuah fitur yang menarik jika Anda membagi penggunaaan komputer Anda dengan orang lain dan Anda tidak ingin orang lain mengetahui apa saja yang telah Anda lakukan. Dan bagi pengguna profesional, Spybot-S&D membantu Anda memperbaiki inkonsistensi pada registri dan menciptakan laporan lengkap. Daftar lengkap kemampuan aplikasi ini tersedia di halaman Fitur-fitur (Bahasa Inggris).

Cara Menggunakan Spybot – Search & Destroy

1. Unduh [taut]
Tentunya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh Spybot-S&D dari halaman pengunduhankami.Di awal halaman pengunduhan itu ada sedikit informasi donasi; jika Anda suka programnya, saya anjurkan Anda untuk kembali lagi dan melakukan donasi. Namun saat ini, Anda ingin mengunduh. Pengunduhan ada di halaman yang sama, turun saja ke bawah beberapa baris dan klik Spybot – Search & Destroy 1.5.2. Di halaman berikutnya, Anda akan melihat tabel dengan empat lokasi pengunduhan. Jika Anda klik salah satunya, akan terbuka halaman yang menawarkan pengunduhan. Masing-masing halaman tersebut agak berbeda, namun Anda pasti mudah menemukan taut pengunduhan di sana.
2. Instalasi [taut]
Berkas yang Anda telah unduh akan bernama spybotsd152.exe atau semacamnya. Untuk menginstal Spybot-S&D, Anda hanya perlu menjalankan berkas tersebut, dan program instalasi akan dimulai (jika Anda mengunduh dengan Internet Explorer, kotak pengunduhan akan memberi opsi untuk membuka berkas tersebut secara langsung). Penginstal akan menampilkan lisensi dan menanyakan lokasi instalasi. Anda dapat memakai pengaturan standar di sini dan klik tombol Next.Setelah instalasi selesai, Anda akan melihat tombol Spybot – Search & Destroy di desktop Anda dan di Start Menu. Klik saja untuk memakai Spybot-S&D pertama kalinya.
3. Pemakaian pertama [taut]
Pertama kali Anda menjalankan Spybot-S&D, program akan menampilkan Wizard, jendela kecil yang membantu Anda melalui langkah-langkah pertama. Wizarditu memungkinkan Anda menambahkan atau menghapus ikon yang telah atau belum Anda buat selama penginstalan, misalnya. Katakanlah Anda menginginkannya dan lanjutkan ke halaman berikutnya.Jika Anda menggunakan proxy di Internet Explorer, Spybot-S&D akan menampilkan proxy ini dan sebuah tombol akan memungkinkan Anda menggunakannya untuk Spybot-S&D pula. Jika ruas teks tersebut kosong, Anda tidak perlu melakukannya, namun seringnya ini akan menampilkan alamat internet, dan Anda harus mengimpor pengaturan proxy ini.

Halaman berikutnya berkaitan dengan pembaruan (update). Sangat penting untuk memakai versi terkini. Dengan menggunakan kedua tombol yang ditawarkan di halaman ini, Anda akan melakukan pembaruan. Jika Anda ingin melakukannya nanti, baca ini.

Halaman terakhir dari wizard tersebut akan meminta Anda untuk membaca berkas bantuan. Berkas bantuan selalu menjadi sumber yang bagus jika Anda tidak yakin akan melakukan apa. Jadi lakukanlah, setidaknya bacalah halaman pertamanya.

4. Melakukan pemindaian [taut]
Setelah panduan selesai, Anda akan menemukan halaman Pengaturan atau Pembaruan. Pengaturan standarnya telah beres dan program Anda telah diperbarui. Mari kita abaikan itu sejenak dan kita lakukan pemindaian pertama.Di sisi kiri program, ada kotak navigasi yang dapat membawa Anda ke semua fungsi program tersebut. Bagian pertamanya (tombol teratas) bertuliskan Spybot-S&D dan membawa Anda ke halaman utama. Saat ini, Anda hanya akan melihat sebuah daftar kosong dan batang perkakas di atasnya. Tombol pertama di batang perkakas ini bertuliskan Periksa – yaitu tombol yang harus Anda tekan untuk memulai pemindaian. Bersantailah dan lihat proses pemindaian.
5. Menerjemahkan hasil [taut]
Saat ini, Anda dapat saja langsung menuju ke nomor 7 dan menghilangkan hasil yang ditemukan. Namun kami menyarankan Anda melihat terlebih dahulu apa saja yang terdeteksi oleh Spybot-S&D. Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah membedakan antara entri merah, yang mewakili spyware dan ancaman sejenis, dan entri hijau, yang merupakan jejak pemakaian.Jejak pemakaian (saya harap Anda membuka taut tersebut untuk membaca penjelasannya) tidak terlalu penting untuk dihilangkan, tergantung pilihan Anda.

Abaikan jejak pemakaian sejenak. Anda harus melihat entri merah yang mewakili ancaman yang sebenarnya. Walaupun Anda tentu dapat meyakini bahwa kami telah memilih target dengan menggunakan kriteria seksama, Anda dapat memeriksa apakah ada informasi produk yang akan ditampilkan di jendela pop-up jika produk tersebut diklik.

6. Keputusan untuk pengecualian [taut]
Semua masalah yang ditampilkan dengan warna merah dinggap sebagai ancaman nyata dan harus ditangani. Namun walaupun Anda membaca deskripsi produk, Anda masih dapat memutuskan untuk menyimpan sebuah ancaman, atau jejak pemakaian. Mungkin Anda tidak ingin menghapus daftar dokumen Word yang terakhir digunakan? Anda memiliki tiga pilihan.

  • Anda dapat mengabaikan semua jejak pemakaian. Untuk itu, Anda dapat membuka halaman Pengaturan berkas di bagian Pengaturan di program itu dan menonaktifkan entri Jejak pemakaian.
  • Atau jika Anda ingin menyimpan semua jejak (track) dari produk tertentu, klik kanan produk tersebut di daftar hasil.
  • Terakhir, jika Anda hanya ingin menyimpan satu berkas, dapat dilakukan dengan cara yang sama.
7. Menghilangkan ancaman yang ditemukan [taut]
Sekarang Anda telah mengetahui tentang semua yang Anda temukan. Saatnya untuk menggunakan tombol Perbaiki masalah yang dipilih.Ketika Anda juga ingin menghilangkan jejak pemakaian, mungkin Anda berpikir memberi tanda centang pada semua entri berwarna hijau sangatlah merepotkan. Tujuannya sederhana – untuk memaksa Anda, pemakai pemula – untuk memeriksa hasilnya. Setelah Anda mengetahui yang Anda hadapi, Anda dapat menggunakan tombol Pilih semua yang tersembunyi.

Untuk lebih jelasnya klik di sini.

Resident Shield (Real Time Protection)

Jika Anda menggunakan perlindungan waktu nyata (real-time) Spybot-S&D’s untuk menangkal spyware, spy tidak akan masuk ke sistem komputer Anda. Saat ini ada tiga macam perlindungan berbeda.

Fungsi Pengebalan mencegah hal-hal seperti Tracking Cookies memasuki sistem komputer Anda. Pengebalan dapat diterapkan pada Internet Explorer dan Mozilla Firefox, membuat Anda dapat menyesuaikan pengaturan tertentu pada perambah (browser) untuk memblokir penginstal spyware (dan ancaman sejenis) yang telah ada di dalam basis data Spybot-S&D. Anda dapat memulai fungsi Pengebalan dengan mengeklik Spybot-S&DPengebalan pada batang navigasi di sebelah kiri.

Residen SDHelper adalah perlindungan lapisan kedua untuk IE. Fungsi Pengebalan memblokir penginstal berdasarkan ID ActiveX mereka, sementara SDHelper memblokir malware yang mencoba masuk dengan menggunakan metode berbeda. Dengan demikian, Internet Explorer tidak dapat mengunduh berkas-berkas yang berbahaya. Anda dapat mengaktifkan SDHelper dengan mengeklik PerkakasResiden pada batang navigasi di sebelah kiri (untuk itu, Spybot-S&D harus dijalankan dalam Mode Lanjut). Di sana, Anda dapat mencentang kotak centang (checkbox) di sebelah Residen “SDHelper” (pemblokir unduhan berbahaya di Internet Explorer) aktif untuk mengaktifkan SDHelper.

Residen TeaTimer mencegah penginstalan berkas-berkas yang tidak diinginkan – bagaimanapun caranya – pada sistem komputer Anda. Residen TeaTimer terus-menerus memonitor proses yang dipanggil/dimulai. Jika ada program berbahaya yang akan dimulai, TeaTimer segera menumpasnya, memberi Anda tiga pilihan untuk menangani proses ini selanjutnya:

  • diberitahu ketika proses tersebut mencoba untuk memulai lagi
  • mematikan proses tersebut secara otomatis
  • membiarkan proses tersebut berjalan secara umum

Juga ada pilihan untuk menghapus berkas yang berkaitan dengan proses ini.

Jika ada yang mencoba melakukan perubahan pada kunci registry yang penting, TeaTimer akan mendeteksinya. TeaTimer dapat melindungi Anda menangkal perubahan tersebut dengan memberi Anda pilihan: Anda dapat Izinkan atau Tolak perubahan itu. TeaTimer selalu aktif di belakang layar.

Karena tidak dapat mengetahui semua berkas, Residen TeaTimer meminta izin Anda untuk setiap instalasi. Jika Anda tidak yakin harus mengizinkan instalasi tersebut atau tidak, ada metode sederhana yang biasa digunakan:

Jika Anda telah menginstal sesuatu dan/atau Anda mengetahui nama berkas yang akan diinstal, Anda dapat mengizinkan perubahan registry tersebut. Namun jika pesan tersebut muncul tiba-tiba ketika Anda sedang menjelajahi web, Anda harus berhati-hati. Dalam hal ini, sebaiknya Anda menolak perubahan registry tersebut.

Anda dapat memulai Residen TeaTimer dengan mengeklik PerkakasResiden pada batang navigasi di sebelah kiri. Di sana, Anda dapat mencentang kotak centang (checkbox) di sebelah Residen “TeaTimer” (Perlindungan pengaturan sistem komputer menyeluruh) aktif untuk mengaktifkan TeaTimer.

Tertarik menggunakan Spybot – Search & Destroy?


Download Spybot – Search & Destroy (GRATIS)

Sumber: Website Spybot – Search & Destroy

Categories: Internet, Komputer, Software | Tags: , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.