Tips-Tips dalam Mengerjakan Soal Ujian

Dalam belajar, kita tak akan dapat melepaskan diri dari ‘aib’ mengerjakan soal. Apalagi kalau disuruh ulangan atau ngerjain PR, pasti pada kabur semuanya kalau boleh (hayoo… ngaku).Namun, mengerjakan soal ini memang sebuah kewajiban bagi siswa, karena dari SD (mungkin TK) sampai kuliah nanti kita pasti dihadapkan pada soal-soal yang berjubel. Terutama menjelang ujian, tentu saja.

Nah, di artikel ini, saya akan mengajak teman-teman untuk sekedar mengetahui tips-tips mengerjakan soal.

1. Selalu santai namun tetap konsentrasi.

Soal-soal terutama soal ujian ada yang tidak sulit, tapi menjebak. Nah, untuk mengerjakan soal tipe ini, jangan tegang. Makanya, orang tua dan guru kita selalu menyuruh kita untuk tidak tegang selama ujian. Jika kita tegang, kita akan sulit berkonsentrasi dan akan mudah tertipu oleh soal semacam ini. Jika kita santai, kita justru dapat mengerjakan banyak soal dalam waktu singkat. Mengapa? Jika santai, kita bisa berpikir secara logika (pakai otak kanan) dan kebanyakan soal teori memerlukan logika untuk mengerjakannya. Menggunakan logika kadang lebih cepat daripada menghapal!

2. Fokus, tenang, dan konsentrasi penuh.

Ada banyak soal yang ngeribetin saat mengerjakannya (terutama soal matematika). Bagi saya, yang masuk kategori ini adalah soal tentang bangun ruang, karena angkanya sampai ratusan. Untuk mengerjakan soal ini, kita harus fokus. Usahakan jangan terlalu banyak pakai logika di sini, karena kemungkinan besar bisa salah. Usahakan kerjakan secara hati-hati dan tidak usah buru-buru. Jika buru-buru, kita justru bisa salah hitung!

3. Banyak membaca.

Jika soal yang akan kita hadapi adalah soal-soal hapalan, usahakan jauh-jauh hari sebelum ujian kita sudah banyak membaca materinya. Materi hapalan akan sulit diingat jika kita hanya mempelajarinya sehari sebelum ujian. Sebaliknya, jika kita sudah sering membacanya sebelum ujian, otomatis kita bisa ‘hapal di luar kepala’. Ini sudah saya buktikan, lho. Saat mengerjakan soal tentang bioteknologi, saya yang sebelumnya pesimis jadi optimis karena tak disangka saya bisa begitu mudah mengingatnya (hanya karena saya membacanya berkali-kali).

4. Banyak latihan soal.

Usahakan di tiap kesempatan kita latihan soal. Jika kita sudah biasa makan soal, maka saat ujian/tes kita bisa tahu jawabannya tanpa perlu mikir berkali-kali. Pernah ada kejadian saat lomba cerdas cermat, saat jurinya membacakan soal (kebetulan matematika), murid di regu A langsung menjawabnya bahkan sebelum soalnya belum selesai dibacakan. Itu pun benar! Lho, kok bisa? Ya, karena dia pernah membaca soal yang persis sama di paket soal 2 tahun yang lalu, dan dia ingat jawabannya.

Untuk latihan soal-soal UN bisa dilihat di situs invir.com

5. Belajar kelompok sebelum ulangan.

Ini salah satu cara paling ampuh! Asal serius (tidak main-main) saat belajar, dijamin langsung ces pleng! Saat belajar kelompok, kita bisa bertanya mana saja yang tidak kita ketahui/pahami.

6. Dekati guru.

Jika kita akrab dengan guru, dijamin kita akan dibantu olehnya. Apalagi jika kita sering membantunya, khasiatnya jangan ditanya lagi. So, mulai sekarang bertemanlah dengan guru! Kita bisa nanya kisi-kisi soal yang akan keluar lho.

Nah, sekian tips dari saya. Jika saya mendapat tips baru, akan saya update segera. Jika ada di antara teman-teman yang punya tips, tolong dibagikan di komentar di bawah!

Artikel terkait: Tips-tips dalam Belajar

Iklan
Categories: Bahasa dan Sastra, Ekonomi, Geografi, Kesehatan, Kiat-Kiat, Kimia Terapan, Komputer, Makhluk Hidup & Biologi, Sosial | Tag: , , | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Tips-Tips dalam Mengerjakan Soal Ujian

  1. nice info gan!

  2. infonya ajib gan,,blog yang keren gan, n tambah mantep ja neh blog….
    malem gan….d tunggu kunjungannya ya..

  3. teriamakasih banyak sekali manfa’at yg saya dapatkan dari INFO tersebut !!

    thank all 😀

  4. Makasih ats tips-tipsnya yang mudah di pahami.. tolong dong yang lainnya yang lebih efektif ..

  5. bebelalala

    thx ya infonya…itu bisa bermanfaat banget buat aku..karna bentar lg aku ujian jd,tinggal belajar,berdoa,dan inget tipsnya
    sekali lagi thx yaaaaaa

  6. silvy

    thanks banget ya, yang udah ngasih tips ni buat semua kalangan sma /smk yang akan menghadapi uan, semua bermanfaat, amien

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s