Tes Memori (RAM) dengan Memtest86+

Komputer sering hang? Mungkin ada masalah dengan memorinya! Saya sendiri pernah mengalami hal serupa, komputer saya sering tiba-tiba restart, kadang-kadang hang. Saya pikir ada virus, jadi saya usahakan untuk scan, tapi tidak berguna. Saya bahkan mencoba untuk install ulang Windows, tapi tak berhasil.

Akhirnya saya mengetahui, bahwa sebenarnya permasalahan komputer “hang” atau muncul tulisan biru (blue screen) bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, terutama masalah hardware, salah satunya adalah RAM atau memori yang bermasalah. Dan berkaitan dengan memori ini, memang tidak mudah untuk mengeceknya. Tetapi kita bisa menggunakan software gratis Memtest86+.

Memtest86+ merupakan update dan perbaikan dari software Memtest86 sebelumnya, dengan berbagai deteksi CPU baru sudah ditambahkan sehingga masih bisa berjalan dengan berbagai hardware baru sampai saat ini. Terakhir diupdate sekitar pertengahan tahun 2010 kemarin, sehingga masih cukup “fresh”.

Tidak seperti software lain yang berjalan dibawah OS Windows, Memtest86+ berjalan melalui bootable media, sehingga tidak tergantung apa sistem operasi yang di gunakan di komputer. Untuk menggunakannya diperlukan media seperti CD-ROM, USB Flashdisk atau Floppy disk.

Jika kita memilih menggunakan CR-ROM, download Memtest86+ dalam bentuk ISO, selanjutnya gunakan software burning untuk membuat bootable CD. Untuk lebih mudahnya, kita bisa menggunakan USB Flashdisk. Download versi USB Installer, buka zip dan jalankan file Memtest86+ 4.10 USB Installer.exe. Untuk installer USB ini dijalankan melalui windows, tetapi Bootable USB Flashdisk bisa digunakan di sistem operasi apa saja, asal komputer bisa di set untuk booting melalui windows.

Jika ada masalah dengan Memori, hasil scan atau test akan menampilkan informasi error dengan warna merah seperti gambar berikut (kredit: wikipedia)

Bagaimana jika RAM bermasalah/Error ?

Jika RAM ada yang error, sebaiknya segera diganti, karena meskipun sedikit tetapi hal ini kemungkinan akan sering menyebabkan komputer hang/crash. Biasanya RAM/Memori bergaransi lifetime, sehingga ada baiknya dicoba untuk ditukar ke toko tempat membeli RAM tersebut.

Untuk mendapatkan Memtest86+ ini kita bisa download dengan memilih beberapa media yang disediakan, yaitu :

Informasi selengkapnya bisa mengunjungi website Memtest86+

Sumber artikel: ebsoft.web.id

Categories: Komputer, Software | Tags: , | 8 Komentar

Navigasi pos

8 thoughts on “Tes Memori (RAM) dengan Memtest86+

  1. salam kenal sob…
    tulisannya terinspirasi blog sebelah y 🙂

  2. salam kenal jg gan nice blog!!

  3. wah, laptop q juga kadang suka hang 😦
    mungkin karena ram nya kurang 😀

  4. Ping-balik: Download AVG Antivirus 2012 Free Edition « ARISUDEV

  5. Ping-balik: Mozilla Merilis Firefox 7 dengan Performa yang Lebih Baik « ARISUDEV

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.