Ayo Kita Buat Teleskop Sederhana

Banyak orang berpikir untuk menjadi seorang astronom harus memiliki ilmunya, bahkan harus memiliki sebuah teleskop sebagai “mata” yang digunakan untuk mengawasi langit. Tetapi untuk bisa mendapatkan teleskop di Indonesia masih cukup sulit karena harganya yang sangat mahal dan dapat membuat kita berpikir 100x untuk membelinya. Kabarnya harga teleskop bisa mencapai jutaan bahkan belasan juta rupiah.

Sekarang Bagaimana Jika Kita Coba Membuatnya?

Kita akan mencoba membuat teleskop refraktor. Untuk bisa membuat sebuah teleskop refraktor, bisa dikatakan gampang–gampang susah karena tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan lensa dengan kualitas yang baik dan bagus, serta fokus yang panjang. Tapi semua itu bukanlah masalah yang dapat membuat kita mundur dan berhenti mencoba. Tetap Semangat!!!

Untuk membuatnya kita bisa menggunakan lensa LUP (kaca pembesar) untuk membuat teleskop sederhana buatan sendiri. Tetapi alangkah baiknya lensa yang akan digunakan memiliki panjang fokus maksimal 30cm. Di Indonesia, lensa dengan panjang fokus > 30 cm masih sangat sulit untuk didapatkan.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar nama bahan – bahan dan peralatan yang dibutuhkan :

  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar) atau bisa juga lensa cembung untuk praktikum fisika (biasa dijual di toko alat laboratorium).
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa)
  3. Perkakas
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop). Bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Langkah Pembuatan :

  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L. Jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa membuka buku pelajaran Fisika kelas IX SMP.
  2. Potong pipa PVC dengan panjang yang sudah diketahui
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler. Lensa okuler adalah lensa di tempat kita akan melihat nanti.

Foto01
Foto02

4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipaFoto03

5. Letakkan lensa okuler di perlupnyaFoto04

Nah…..gampang kan membuatnya? Dari semua bahan diatas, yang lumayan sulit dicari adalah lensa okuler. Tetapi kita dapat mengambilnya dari lensa binokuler (sejenis teropong), atau lensa mikroskop (asal jangan nyolong punya sekolah aja hehehehehe….).

Untuk lensa okuler bisa juga didapatkan di toko alat laboratorium dengan ukuran diameter 2,5 cm. Kisaran total untuk harga lensa objektif dan okuler jika dibeli di toko alat laboratorium bisa mencapai ± Rp. 75.000,-  s.d. Rp. 100.000,-.

leadtele
Foto06

Selamat mencoba!

______

Modul pembuatan teleskop ini dibuat oleh Iqbal Malik dan Haikal Hakim. Keduanya aktif terlibat dalam Pembuatan Teleskop Amatir (Amateur Telescope Making) dan pembuatan roket air.

______

Terima kasih banyak kepada: langitselatan.com

Iklan
Categories: Astronomi, Informasi, Kiat-Kiat | Tag: , , | 15 Komentar

Navigasi pos

15 thoughts on “Ayo Kita Buat Teleskop Sederhana

  1. agan udh nyoba? berhasil ga?

  2. didi

    gimana tuh ??? KOg pakek dibelokin ?? emank harus gitu ya ?? trus gimana nyambungnya?? kn lensanya cuma 2 ?? apa pake cermin juga ??? tolong bantuannya ya kk.

    • oh itu. yang ada di ilustrasi emg modelnya kayak gitu. yg seperti itu perlu cermin. tp nggak usah ngikutin ilustrasi, ikuti saja petunjuknya

  3. dona

    kalau mu pesan online lensa okulernya dimana ya??
    soalnya aku udah nyari2 di toko2 lab yg ada di daerahku tapi gk da dijual lensanya secara terpisah.
    mohon berbagi infonya gan

  4. Mengingat harga teleskop sangat mahal, pemilik teleskop di Indonesia sangat langka. Selain menguntungkan, anda bisa jadi salah satu “pahlawan” Indonesia dalam bidang astronomi, Bayangkan, anda memproduksi teleskop lokal, Berapa banyak manusia yang semakin bertambah pengetahuannya karena anda. masyarakat luas pun bisa ikut menikmati indahnya bulan, jupiter, cincin saturnus, galaksi andromeda, dll.! Ayo buat teleskop lokal yang banyak! Bisa masuk tipi…!!!

  5. Wahhh…..
    Menarik…tuh..

    Oohh iyaaa

    kalo mau pake lensa pembalik ditaruh di mana?

  6. Yahya

    Manteb gan…

  7. teduh

    ada yg tau toko alat lab d bandung dmn y???

  8. nabil

    DI mALANG LENSA BINOKULER Rp 225.000,-

  9. Ardian

    kemaren gue beli Reflector telescope Type Orbitor OR 4500 di Gramedia Expo Surabaya Rp 2jt

  10. Ardian

    kalo memurut gue sih,secanggih dan sebesar apapun telescopnya,pandangan kita masih terbatas,coba gunakan HUBBLE SPACE TELESCOPE,hubblesite.org

  11. gan panjang jarak antara lensa objektif sama okuler berapa gan ?

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s