WordPress dan Blogger

WordPress adalah salah satu platform blogging yang sudah sangat terkenal dan sangat banyak dipakai di dunia. WordPress menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap dan mudah dipahami, sehingga termasuk platform yang mudah dipakai.

WordPress merupakan pesaing utama Blogger, sebuah platform yang sejenis pula, dan dalam beberapa hal WordPress memang lebih baik daripada Blogger, karena WordPress menyediakan fitur yang lebih banyak dari Blogger. Namun Blogger men-support fleksibilitas yang tak terbatas, tanpa perlu upgrade atau sejenisnya, asal kita mempunyai pengetahuan yang cukup banyak tentang kode-kode HTML yang cukup rumit. Blogger juga menyediakan fitur dimana kita bisa mengobrak-abrik template blog kita, sementara WordPress hanya menyediakan sedikit fitur untuk itu (itupun tergantung template yang kita pakai).

Jika ingin mendapatkan fitur-fitur yang lengkap, maka kita harus meng-upgrade versi WordPress yang kita miliki menjadi hosting sendiri (ciri-cirinya tidak lagi menggunakan wordpress.com di alamat blog kita). Namun bagi yang tidak mau mengeluarkan uang, WordPress gratisan sudah cukup lengkap.

Saran saya, jika Anda masih pemula dan baru memulai blogging, pilihlah WordPress gratis, karena memiliki interface yang lebih baik (menurut saya) ketimbang Blogger. Jika Anda sudah cukup mahir dengan kode-kode HTML dan ingin menikmati semua fitur blogging, gunakan Blogger. Namun jika ingin membuat website untuk kepentingan profit (agar terlihat professional) maka pilihlah WordPress hosting sendiri atau Blogger yang domainnya sudah diubah (tidak lagi menggunakan blogspot.com di alamat web). Mengubah domain Blogger sebenarnya mudah, Anda bisa mencari orang yang mampu melakukannya (bisa dicari di forum-forum).

Jika ingin membuat blog (dan sebaiknya, ya) Anda sekarang tinggal memilih platform mana yang mau digunakan. Namun jika ingin membuat website yang benar-benar dibikin sendiri, Anda bisa menggunakan Microsoft Office FrontPage. Jika Anda ingin menggunakan platform Blogger, Anda bisa melihat video tutorial cara membuatnya di Video Cara Membuat Blog dengan Blogger. Jika Anda ingin menggunakan platform WordPress (gratis) Anda bisa melihat cara membuatnya di Tutorial Cara Membuat Blog dengan WordPress. Jika ingin menggunakan WordPress berbayar, buat dulu yang versi gratis terus beli domainnya (biasanya ada di situs-situs hosting web, seperti rumahweb.com).

Sekian artikel dari saya, semoga membantu 🙂

Categories: Internet, Komputer | Tags: , , , , , | 4 Komentar

Navigasi tulisan

4 thoughts on “WordPress dan Blogger

  1. Ping-balik: Video Cara Buat Blog dengan Blogger « Ari's MiniBlog

  2. Ping-balik: Cara Membuat Blog dengan Wordpress « Ari's MiniBlog

  3. Hoo, jadi gitu ya. Terus, apa emang cuma 2 jenis itu yang banyak diminati?
    Makasih sebelumnya

    Mustika Mentari & Milyun Ni’ma Shoumi

    • Sebenarnya ada banyak platform untuk blogging, tapi di Indonesia dua jenis itu yang paling banyak diminati. kalau di luar negeri gak tau juga, ya

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.