Satu Tata Surya, Dua Matahari

Mungkin, bagi Anda tinggal di planet yang memiliki dua matahari akan sangat unik. Siang akan menjadi sangat terang (wah saya akan sulit tinggal tuh). Beberapa dari Anda mungkin menganggap hal ini mustahil karena planet dengan dua matahari “tidak ada”. Akan tetapi, sekarang para astronom berhasil menemukan planet yang memiliki dua matahari. Bukan hanya satu planet, melainkan dua planet yang menempati sistem tata surya yang sama.

Wahana Kepler berhasil menemukan lagi planet sirkumbinari atau planet yang mengitari dua buah bintang dan dinamai Kepler-34b dan Kepler-35b.  Penemuan ini sekaligus menunjukkan bahwa sistem planet seperti ini bukan sistem yang jarang dan bahkan bisa jadi merupakan sistem yang umum ditemukan di antara bintang-bintang.  Implikasinya, penemuan ini juga memperluas pemahaman dan kemungkinan untuk mencari sistem yang dapat mendukung kehidupan.

Wahana Kepler mencari planet dengan melihat adanya kedipan pada bintang saat ada planet yang melintas di depan bintang.  Kedua planet, Kepler-34b dan Kepler-35b merupakan planet gas berukuran planer Saturnus. Kepler-34b mengitari sistem bintang ganda serupa Matahari setiap 289 hari dan kedua bintang induknya ini mengitari satu sama lainnya setiap 28 hari.  Planet Kepler-35b mengorbit bintang induk yang lebih kecil dan lebih dingin setiap 131 hari dan pasangan bintang ini mengorbit satu sama lainnya setiap 21 hari.  Kedua planet tersebut berada sangat dekat dengan bintang induknya sehingga tidak berada dalam zona laik huni bintang dimana air dalam wujud cair dapat dipertahankan.

Kedua planet ini berada dalam sistem bintang ganda yang masing-masing berjarak 4900 dan 5000 tahun cahaya dari Bumi di Rasi Cygnus. Kepler-34b dan Kepler-35b merupakan dua planet jauh yang berada di antara planet-planet jauh yang sudah ditemukan. Penemuan ini sekaligus membawa kita pada sebuah penggolongan baru dalam sistem keplanetan kalau planet tidak hanya berada pada bintang tunggal.

Sumber : NASA, langitselatan.com

Categories: Astronomi | Tags: , , , , , | 2 Komentar

Navigasi tulisan

2 thoughts on “Satu Tata Surya, Dua Matahari

  1. Rachman

    Fantastic!

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.