Antivirus Terbaik 2011 (Termasuk Versi FREE)

Test terbaru yang dilakukan av-comparatives.org menjelang tahun 2011 ini merupakan on-demand test, yaitu test langsung dengan menggunakan antivirus yang diuji untuk melakukan scan terhadap berbagai sample virus (malware) yang banyak beredar sebelumnya. Test ini terakhir diperbarui tanggal 27 September 2011, sehingga masih up to date. Yang unik, di test kali ini disertakan juga beberapa antivirus gratis, sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam memilih mana antivirus gratis yang terbaik.

Antivirus yang ikut serta dalam test sebagai berikut :

  • Avast! Free Antivirus 6.0
  • AVG Anti-virus Free Edition 10.0
  • AVIRA Antivir Personal 10.2
  • BitDefender AntiVirus Plus 2012
  • eScan Anti-Virus 11.0
  • ESET NOD32 Antivirus 5.0
  • F-Secure Anti-Virus 2011
  • G DATA AntiVirus 2012
  • K7 TotalSecurity 11.1
  • Kaspersky Anti-Virus 2012
  • Kingsoft AntiVirus 2010.2.10.1
  • McAfee AntiVirus Plus 2011
  • Microsoft Security Essentials 2.1
  • Panda Cloud Antivirus 1.5
  • PC Tools Spyware Doctor with Antivirus 8.0
  • Qithoo 360 Antivirus 2.0
  • Sophos Anti-Virus 9.7
  • Symantec Norton Anti-Virus 2012
  • Trend Micro Titanium Antivirus+ 2012
  • Trustport Antivirus 2012
  • Webroot AntiVirus with Spy Sweeper 7.0

Beberapa produk gratis (free edition) ikut serta dalam test ini sehingga memungkinkan kita membandingkan mana antivirus gratis terbaik. Antivirus gratis yang ikut adalah: Avast, AVG, Avira, Panda dan MSE (Microsoft). Pada test kali ini av-comparatives menggunakan sample malware (virus, worm, trojan, dan sejenisnya) sebanyak 206.043 sampel yang banyak beredar dalam satu bulan sebelumnya. Berikut beberapa hasil test tersebut :

Persentase jumlah sampel yang tidak terdeteksi

Jumlah kesalahan deteksi oleh antivirus

Kecepatan scan

Dari berbagai grafik diatas, yang diberi tanda panah warna merah adalah antivirus gratis. Untuk antivirus gratis, total deteksi ringkasannya adalah sebagai berikut :

  1. Avira dengan 99.5%
  2. Panda Cloud dengan 99.3%
  3. Avast dengan 97.3%
  4. AVG dengan 95.7%
  5. Microsoft dengan 92.3%

Dari segi banyaknya yang terdeteksi, Avira Free Edition tampak lebih ungguk dibanding antivirus gratis lainnya, tetapi dari segi kecepatan scan, Avast! Free Antivirus jauh melebihi antivirus gratis lainnya, bahkan Avast adalah yang paling cepat dibanding semua antivirus yang ikut dalam test ini termasuk yang berbayar. Kemudian untuk masalah kesalahan deteksi, Microsoft Security Essential paling sedikit dibanding antivirus gratis lainnya dan AVG yang paling banyak kesalahan deteksinya.

Bagi yang ingin menggunakan antivirus gratis, dari kelima produk yang ditest, pilihan terbaik sepertinya jatuh antara Avira atau Avast. Meskipun Panda termasuk peringkat atas, tetapi Panda menggunakan teknologi internet, sehingga setiap saat harus online untuk mendapatkan hasil terbaik. Dari segi kemampuan, Avira memang tampak sedikit lebih unggul, tetapi dari segi fitur yang disertakan, saya lihat Avast masih lebih unggul. Sehingga keputusan menggunakan yang mana yang ingin digunakan tetap di tangan pengguna masing-masing.

 

Untuk total keseluruhan antivirus (termasuk yang free dan berbayar), seperti sebelumnya G-Data masih menduduki peringkat teratas untuk kemampuan deteksi, dengan total 99.7%, kemudian diikuti oleh Trustport dengan 99.6% dan kemudian ketiga adalah Avira dan Qihoo dengan masing-masing 99.5%.

Untuk melihat dan membaca hasil lebih lengkap, silahkan download laporan dalam bentuk PDF dari halaman av-comparatives.org

Semoga membantu… 😀

Sumber: ebsoft

Categories: Internet, Komputer, Software | Tags: , , , , , , , , , | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Antivirus Terbaik 2011 (Termasuk Versi FREE)

  1. nuwun infonya tapi avira sama kayak avg punya kelemahan klo sekali ada virus aktif kemudian virus masuk dan menginfeksi file .exe maka semua file exe akan dieksekusi, bahkan file exe milik avira sendiri klo dah gini ya wis instal ulang

    • anymonious

      Pake anti malware mas, biasanya ampuh buat virus2x w32 yang sering menyerang file exe, beberapa file bisa diobati, tetapi ada beberapa jg yang mesti direlakan…

  2. feo

    tolong key esset nod32 dong gan..

  3. kalau saya lebih memilih kavkis versi 2010 dari pada versi yang lain,tapi sayang produk ini kuat self defense nya jadi key bajakan selalu di blacklist,terpaksa beralih ke avast ^_^,kalau saya sich lebih senang menggunakan avast,,sudah dua kali saya di selamatkan oleh avast.
    pertama entah apa tuh nama virus nya bikin hardisk mati tapi alhamdulillah avast selamatkan saya setelah anvir yang lain mentok,bahkan pakai kavkis pun mentok.

    kedua ketika pc saya kena virus satility dan virus (lupa nama nya) yang buat nggak bisa internetan tapi di selamatkan lagi oleh avast,update nya juga mudah.

    oh ya kalau mau saya punya license avast dari segala jenis,cukup masuk ke pengaturan dan disable self defense avast lalu jalankan key nya,restart PC dan aktifkan kembali self defense nnya,AKTIF SAMPAI 2050,tak seperti license lain nya terkadang bisa dan tidak.

    DAN LEBIH MANTAP NYA LAGI BERLAKU UNTUK SEMUA VERSI AVAST DAN UPDATE NYA TERSERAH ENTAH PROGRAM MAUPUN DEFINISI VIRUS NYA.
    SWEAR WORK ME 100 %

    jika mau silahkan download di sini LINK MEDIAFIRE

    • momon

      minta key lisensi nya avast donk… trims…

      • dulu saya juga pengguna avast,sudah dua kali saya di selamatkan oleh avast.
        pertama entah apa tuh nama virus nya bikin hardisk mati tapi alhamdulillah avast selamatkan saya setelah anvir yang lain mentok,bahkan pakai kavkis pun mentok.

        kedua ketika pc saya kena virus satility dan virus (lupa nama nya) yang buat nggak bisa internetan tapi di selamatkan lagi oleh avast,update nya juga mudah.

        oh ya kalau mau saya punya license avast dari segala jenis VERSI 6,cukup masuk ke pengaturan dan disable self defense avast lalu jalankan key nya,restart PC dan aktifkan kembali self defense nnya,AKTIF SAMPAI 2050,tak seperti license lain nya terkadang bisa dan tidak.

        DAN LEBIH MANTAP NYA LAGI BERLAKU UNTUK SEMUA VERSI AVAST DAN UPDATE NYA TERSERAH ENTAH PROGRAM MAUPUN DEFINISI VIRUS NYA.
        SWEAR WORK ME 100 %

        jika mau silahkan download di sini LINK MEDIAFIRE

        tapi kalau yang avast free anti virus gunakan yang ini Avast 6 ini : W6754380R9978A0910-4TZ59467
        C2891768R9957A0912-0SFDRH5U
        W8631913R9988S1188-J908H66C
        W7723175R0077S1111-XTCVRJ02
        C34087194R9983U1147-LZLJDJ9V

        berlaku sampai 2035 dan ada yang 2050 dan kalau mau tanpa batas gunakan serial yang kedua,kalau avast pro dan insec gunakan link download di atas

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.