Apa yang Terjadi Ketika Bintang Neutron Meledak?

Tiga supernova yang super terang berhasil diamati. Satu di antaranya yang diamati dengan teleskop robotik di Observatorium Palomar  adalah SN2005gj. Analisa SN2005gj dan 2 supernova lainnya menunjukan setiap supernova tersebut merupakan tanda dari ledakan bintang netron. Masing-masing supernova itu memiliki kecerlangan 100 kali lebh terang dari supernova pada umumnya. Dan ledakan ketiga supernova ini diduga merupakan tanda awal terbentuknya objek kelas baru yang belum teramati sebelumnya yakni bintang quark

Bintang quark merupakan tipe bintang hipotetik. Bintang tersebut tersusun dari materi quark yang sangat rapat. Quark sendiri merupakan komponen dasar dari proton dan neutron yang membentuk inti atom. Sampai saat ini objek paling rapat yang kita kenal adalah bintang netron, yang tersusun dari neutron yang sangat rapat dengan diameter hanya 16 mil dan bermassa 1,5 kali massa Matahari.

Perbandingan bintang neutron dan bintang quark

Bintang netron terbentuk saat bintang masif mengalami ledakan supernova pada masa akhir hidupnya. Bintang ini sangat padat, bahkan satu sendok teh materi bintang netron beratnya bisa mencapai 100 juta ton.

Jika bintang netron sudah sangat padat dimana bintang netron ini jadi terlalu rapat, diperkirakan akan terjadi ketidakstabilan yang akan memicu terjadinya keruntuhan, yang kemudian menyebabkan terjadinya ledakan yang membentuk bintang quark. Energi yang menyebabkan terjadinya ledakan kedua ini berasal dari netron yang terpecah menjadi komponen-komponennya yakni quark.

Sumber: langitselatan.com

Iklan
Categories: Astronomi, Kimia Terapan | Tag: , , , , , , | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Apa yang Terjadi Ketika Bintang Neutron Meledak?

  1. Saya datang memberitahukan bahwa link disave.wp.com pindah ke ke blogspot.

    Tolong diganti ya 🙂

    Link bro juga udah saya pasang.

    Tolong dikonfirmasi.

    Salam Persahabatan.

  2. bayu rasmawan

    woi! lama tak berjumpa, apa kabar bro ?

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s