Cara Membuat Blog dengan WordPress

wordpress logo

WordPress adalah salah satu platform blogging yang sudah sangat terkenal dan sangat banyak dipakai di dunia. WordPress menyediakan berbagai fitur yang cukup lengkap dan mudah dipahami, sehingga termasuk platform yang mudah dipakai.

Berikut tutorial cara membuat blog dengan WordPress.

1. Buka browser Anda lalu ketikkan id.wordpress.com lalu tekan Enter.

2. Setelah masuk, klik Daftar Sekarang.

Halaman Utama WordPress

3. Anda akan dibawa ke halaman pendaftaran utama. Ada beberapa keterangan yang harus diisi:

  • Nama pengguna: ketikkan username Anda.
  • Kata Sandi: ketikkan kata sandi (password) yang Anda inginkan.
  • Konfirmasi: ketikkan ulang password Anda.
  • Email Address (kadang tertulis “alamat sur-el”): masukkan alamat email Anda.
  • Pilih pilihan “Berikan Aku Blog!”

    Halaman Daftar WordPress

Setelah semua diisi Anda klik Berikutnya.

4. Anda akan dibawa ke halaman akhir (final, kalau saya bilang). Di sini Anda harus mengisi alamat blog Anda, judul blog Anda, bahasa utama blog Anda, dan mengatur privasi blog Anda.

Halaman Daftar WordPress - Final

Setelah semua diisi Anda klik Signup.

5. Anda selanjutnya akan disuruh mengecek dan mengaktifkan akun Anda lewat email. Buka email Anda, lalu klik link untuk mengaktifkan blog Anda. Selain pemberitahuan itu, Anda juga dipersilahkan mengupdate profil Anda, sembari menunggu jika email verifikasi belum diterima.

6. Jika Anda sudah meng-klik link verifikasi, Anda akan dibawa ke halaman yang memberitahukan bahwa akun Anda telah aktif. Selamat!

Jika Anda ingin mulai blogging, klik Login di halaman tersebut, lalu masukkan username dan password-nya.

Wordpress Login

7. Untuk selanjutnya, jika Anda ingin ngeblog, cukup ketikkan alamatblog.wordpress.com/wp-login.php. Lalu ketikkan username dan password Anda. Isi yang saya beri tulisan miring dengan alamat blog Anda.

Sekian tutorial dari saya. Jika Anda lebih tertarik untuk memulai blogging dengan Blogger, Anda bisa klik video cara membuat blog dengan Blogger. Anda juga bisa melihat pendapat saya mengenai WordPress dan Blogger di sini atau di sini.

Categories: Internet, Komputer | Tag: | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “Cara Membuat Blog dengan WordPress

  1. Ping-balik: Pendapat Saya Mengenai Wordpress dan Blogger « Ari's MiniBlog

  2. Ping-balik: Video Cara Buat Blog dengan Blogger « Ari's MiniBlog

  3. Hyeona Hyung Aishy'z

    Terimakasih atas tutorialnya,tetapi saya mencoba mendaftarkan blog di WP untuk teman saat ngisi password dan konfirmasi passwordnya selalu bermasalah dan kata-kata yang sudah saya tulis itu selalu hilang di kotak isian nya.Saya coba ulang dan kata sandi pun dirubah dan kembali seperti itu saya harus bagaimana lagi ?

    • untuk soal ini kemungkinannya banyak lho…
      tapi yang paling sering adalah karena username yang dipilih sudah digunakan orang lain.
      sebaiknya gantilah username-nya. kalau perlu sekalian dengan password-nya.
      sekian.

  4. Permisi. Menemukan dari Google saya masuk ke website
    anda, setelah saya lihat-lihat ternata isinya sangat menarik dan juga beberapa konten ywng cukup bermanfaat.
    Izin ikut komentar dan ikut menshare bebrrapa tulisan yang menarik kee sosmed
    milik saya agar biar blog anda semakin bertambah banyak followernya.

    Mudah mudahan selalu ddi perbaharui terus blognya. Salam

Tulis komentar Anda