Cara Membuat Desktop Toolbar di Windows XP

Menggunakan komputer ternyata harus mencoba-coba. Yap, saya mendapatkan trik ini hanya dengan cara mencoba-coba.  Saya bermain-main dengan desktop saya dan akhirnya saya bisa memanipulasi toolbar menjadi mirip seperti di Windows Vista. Meski tidak mirip-mirip amat, tapi ini bisa membantu saat mengakses program-program atau dokumen penting. Kita tidak perlu lagi mengklik dua kali untuk membukanya, tapi cukup sekali saja.

Keunggulan menggunakan trik ini, kita bisa merapikan shortcut desktop kita dan membuat desktop kita tidak “penuh”. Perbedaan dengan yang di Windows Vista, toolbar ini tidak berupa thumbnail dan tidak transparan, sehingga agak mengurangi ukuran wallpaper. Trik ini bisa diterapkan di Windows XP, dan belum saya coba di Windows lain. Mungkin untuk Windows  yang lebih baru trik ini tidak berguna (sudah ada toolbar yang lebih baik).

Mau tahu cara membuatnya? Ini dia…

  1. Pertama-tama hapus shortcut yang tidak berguna. Ini agar desktop kita tidak penuh dan mempermudah kita menyeleksi shortcut.
  2. Klik kanan di desktop, pilih New >> Folder. Isi nama folder baru itu sesukamu. Itu akan menjadi nama toolbarmu nanti.
  3. Pilih shortcut mana saja yang akan dipindahkan. Bisa menggunakan Ctrl+klik di shortcut-shortcut yang diinginkan.
  4. Tekan Ctrl+X untuk memotong shortcut atau Ctrl+C untuk menyalin shortcut. Lalu paste di folder yang tadi.
  5. Tutup folder tersebut. Setelah itu, geser (drag and drop) ke border (pinggir) desktopmu. Bisa ditempatkan di mana saja, tapi usahakan jangan di bawah, karena bisa bergabung dengan taskbar (yang warna biru/putih/hijau).
  6. Terakhir, untuk menyembunyikan shortcut lain yang memang jangan dihapus (seperti My Computer) klik kanan di desktop >> hilangkan centang di Show desktop icons. Langkah ini sifatnya opsional, boleh dilakukan boleh tidak. Kalau saya sendiri menggunakannya, supaya desktop lebih “plong”.

    Hasilnya

Untuk lebih jelasnya bisa melihat video tutorial berikut. Meski gambarnya agak macet dan tak bersuara, tapi saya harap semua bisa mengerti. Video ini menampilkan sampai langkah kelima.

Untuk membuka program atau dokumen yang sudah ada shortcut-nya di toolbar itu, cukup klik sekali saja. Sekian artikel dari saya, semoga bermanfaat.

Categories: Kiat-Kiat, Komputer | Tag: , | 7 Komentar

Navigasi pos

7 thoughts on “Cara Membuat Desktop Toolbar di Windows XP

  1. Suryadi IMFC

    experiment yang patut dibanggakan nih.

    gan, apakah galeri pada wordpress agan ada? ko yg saya hilang ya?

  2. zeack

    Kerreen mass…
    thanks infonya 😉

  3. Ping-balik: Cara Menyembunyikan Desktop Icons « ARISUDEV

  4. Bernowo Akbar

    keren gan 😀

  5. ardi

    muaaantep mass!
    thanks 4 infonya mass….
    sy mau coba langsung ni mas..
    sy tunggu postingan brikutnya yaa….

  6. kakipan

    gan tapi kok abis di restart toolbar yang kita buat gak muncul lagi?

Tulis komentar Anda