Tips Perbanyak Pengunjung Blog Anda

Saat ini, di zaman globalisasi, kita pasti tidak asing lagi dengan istilah blog atau website. Bahkan beberapa di antara kita pasti telah memiliki blog (termasuk saya, pasti). Blog bagi sebagian orang telah menjadi gaya hidup baru, bahkan bagi perusahaan, website sudah menjadi ujung tombak promosinya. Jika Anda belum memiliki blog atau website, saya sarankan Anda untuk membuat salah satunya.

Nah, jika sudah punya blog, sudah pasti Anda ingin punya pengunjung, kan? Tips yang saya berikan cukup terkait dengan SEO (Search Engine Optimization), meskipun ini lebih mengarah ke visual dan trik social bookmarking, bukan masalah kode-kode seperti SEO kebanyakan. Ini sebagian tips untuk memperbanyak pengunjung blogmu.

1. Pilih topik blog yang spesifik dan menarik.

Tema tulisan adalah langkah awal membuat blogmu menarik. Sebaiknya pilihlah tema yang sedang hangat dibicarakan. Saya sarankan Anda jangan memilih tema campuran (mis. tulisan tentang Naruto dicampur dengan tulisan tentang Bahasa Indonesia di blog yang sama). Ini bertujuan agar pengunjung dapat mengingat blogmu dengan baik dan bisa mendapatkan pengunjung tetap dengan lebih mudah. Jika ingin mencari topik blog yang sesuai, bisa menggunakan Google Trends.

2. Buat blogmu agar dapat diindeks mesin pencari (seperti Google, Yahoo, dsb).

Ini adalah hal paling mendasar, karena blog Anda tidak mungkin dikenali mesin pencari jika Anda tidak mengizinkannya mengindeks blog Anda. Untuk platform WordPress ini bisa diatur dengan Menu Pengaturan -> General, untuk Blogger mungkin bisa diakses lewat Pengaturan -> Dasar. Secara default sudah dalam kondisi aktif.

3. Daftar blogmu di banyak mesin pencari.

Ini hal yang mutlak, tak ada gunanya jika blogmu sudah visible dengan mesin pencari namun Anda tidak mendaftarkannya di mesin pencari tersebut. Jika ingin mempelajarinya lebih lanjut, klik cara mendaftarkan blogmu di banyak search engine sekaligus atau cara mendaftarkan blogmu di Yahoo!

4. Selalu dan selalu update.

Ini adalah hal wajib bagi seorang blogger untuk selalu posting tulisan terbaru, karena selain pengunjung menjadi lebih tertarik berkunjung ke blogmu (terutama pengunjung tetap), mesin pencari juga lebih menyukai blog yang selalu diupdate

5. Buat tulisan menarik dan mudah dimengerti.

Ini hal yang mudah namun sering dilupakan seorang blogger. Jika tulisan kita berantakan, pengunjung yang membaca tulisan kita akan malas membaca dan akhirnya meninggalkan blog kita. Maka dari itu, berhati-hatilah!

6. Sering-sering berkomentar di blog orang lain.

Cara ini cenderung simpel, namun, saya akan menjelaskannya sedikit. Jika Anda berkomentar di blog orang lain, bacalah dulu tulisannya, jangan sampai Anda berkomentar “mantap mas!” padahal isinya tentang orang meninggal. Jangan lupa isikan nama blog Anda di form pengisian komentar. Cara ini lebih manjur jika Anda berkomentar di blog yang baru dibuat, karena pembuatnya pasti tersanjung dengan komentar Anda dan bersedia berkunjung ke blog Anda.

7. Promosikan blogmu di Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki akun di situs jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, MySpace, dan lain-lain, tak ada salahnya jika Anda mempromosikan blog Anda ke teman-teman Anda.

8. Tiap kali posting, buat agar postinganmu otomatis muncul di situs jejaring sosial.

Ini sepertinya hanya berlaku di WordPress, tapi saya harap bisa di platform lainnya. Ini adalah fitur menarik dimana tiap kali tulisan Anda dipublikasikan, tulisan Anda akan otomatis muncul di situs jejaring sosial sebagai “status” Anda. Pada WordPress caranya konfigurasi di Dasbor > Blogku lalu ubah Publicize-nya. Jadi Anda tidak perlu share postingan secara manual.

9. Share postinganmu ke berbagai situs.

Ini hanya kelanjutan dari tips nomor 9 tadi. Anda sebaiknya menambahkan fitur ‘share’ di akhir tulisan Anda. Ini bisa diatur di semua platform blogging, dan sepertinya sudah dalam posisi default. Anda boleh mengatur tombol ‘share’ yang diinginkan. Jika ingin melihat contoh, silahkan lihat di bagian bawah tulisan ini.

10. Coba untuk tembak keyword.

Ini adalah cara paling mudah meningkatkan pengunjung blog Anda. Anda harus biasa melihat topik apa yang sedang populer dibicarakan orang saat ini, membuat tulisan secepat kilat (balapan dengan blogger lain yang ingin hal yang sama) dan semenarik mungkin, posting saat itu juga dan lihat bahwa blog Anda bisa menjadi nomor satu di Google (jika tidak, mungkin Anda sudah keduluan oleh blogger lain). Anda harus jeli memperkirakan bahwa suatu topik akan terkenal atau tidak karena jika salah perkiraan, Anda hanya menulis hal yang sia-sia.

11. Submit artikel blogmu di situs social bookmarking.

Social bookmarking adalah situs yang mengijinkan anggotanya men-submit artikel dan artikel tersebut akan dibaca orang-orang seperti layaknya berita. Jika Anda submit artikel blog Anda di sini, artikel Anda bisa menjadi terkenal mendadak (jika artikelnya menarik). Saya sarankan Anda menjadi anggota social bookmarking yang ‘do follow’, agar mesin pencari juga bisa mengindeks tulisan Anda.

Situs social bookmarking ada banyak, tapi saya rekomendasikan beberapa:

12. Bertukar link dengan teman.

Jika teman Anda memiliki blog yang terkenal, tak ada salahnya jika bertukar link. Di blog teman Anda ditampilkan link ke blog Anda, dan di blog Anda ditampilkan link ke blog teman Anda. Dengan cara ini blog Anda bisa kecipratan pengunjung yang aslinya berkunjung ke blog teman Anda yang terkenal tadi. Menarik, kan?

13. Maksimalkan elemen halaman.

Jangan terlalu banyak menambahkan elemen halaman, usahakan tampilkan yang penting-penting saja seperti kotak search, kotak recent posts, dan sejenisnya. Elemen halaman yang terlalu banyak (seperti iklan atau gambar) hanya akan membuat blogmu lambat diakses dan membuat pengunjung malas berkunjung ke blogmu. Elemen halaman bisa diatur di Tampilan -> Widgets (pada WordPress), pada Blogger di Rancangan -> Elemen Laman.

Sebenarnya masih banyak tips-tips lain berseliweran di internet, dan jika dibahas di sini akan panjang tentunya. Karena itu, sering-seringlah menjelajah internet, sehingga Anda makin tahu bagaimana ciri-ciri blog yang terkenal dan menirunya. Oke, selamat berjuang!

Categories: Internet, Kiat-Kiat, Komputer | Tags: , | 20 Komentar

Navigasi pos

20 thoughts on “Tips Perbanyak Pengunjung Blog Anda

  1. thx infonya
    akan ku cba cra-cra di atas

  2. mantap …sebagian cara udah ane coba ^^
    main-main kblog ane ya
    http://pitaxxx.wordpress.com/

  3. aliflittlethink

    terima kasih gan..
    sebagian dari tips diatas udah 3 tahun ke belakang ana coba.

    Mohon kritiknya mengenai bahasan topik blog ana yang baru nih…
    http://alifmyname.blogspot.com

  4. Infonya menarik….

  5. info nya menarik…

  6. bisa dicoba…

    main2 juga ke blog gua..

    http://www.vandtransformation.com/

  7. saya juga mau blog saya banyak pengunjung, tips ini bagus sekali……

  8. Terimah Kasih Kanda Aris yah ? .. Tulisan Anda Sangat membantu saya ,,,

    Tukran Link Yuk

  9. nice info bro

  10. dhielvanrese

    siap om.
    kunjungi blog ane sob

  11. info nya bermanfaat sekali, tapi saya masih bingung soal daftar di search engine yahoo, selebihnya udah dicoba and berhasil, thanks berat.
    numpang promo yah, mampir ke sini
    https://nehcdraw.wordpress.com/

    • sepertinya yahoo sudah mengubah metode pendaftaran search engine-nya. saya belum mendapat informasi lebih lanjut mengenai hal ini. mohon maaf

  12. Ping-balik: Langkah-Langkah Penting dalam Memposting Artikel di Blog WordPress | Berbagi Ilmu

  13. mantaaap…..izin serap mas

  14. mantap gan..backlink ea di http://www.bos-iklan.blogspot.com cara dapat like facebook cepat

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.