Hal-Hal yang Perlu Dilakukan Secara Rutin Bagi Pemilik Komputer

Rata-rata orang hanya bisa menggunakan PC ataupun komputernya namun tidak bisa merawatnya. Mungkin karena sebagian pengguna belum tahu dan tidak familiar dengan masalah “maintenance” ini padahal ini sangat penting. Alhasil, piranti yang dimiliki pun tidak dapat bertahan lama karena serangan debu, kotoran, dll. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga dan merawat piranti komputer baik hardware maupun softwarenya, agar bisa berfungsi optimal.

Perawatan Hardware

Bagi pemilik komputer desktop, casing CPU sebagai tempat berbagai perangkat keras terpasang harus senantiasa dirawat. Setelah agak lama terpasang, biasanya di dalamnya akan penuh dengan debu, karena kipas yang berjalan juga akan membawa debu kedalam.

Setiap beberapa bulan atau setahun sekali sebaiknya kondisi dalam casing di cek, jika sudah penuh dengan debu sebaiknya segera dibersihkan. Jika mampu melepas semua komponen dan mengembalikannya satu persatu, akan lebih baik. Jika tidak, cukup dibawa ke tempat terbuka dan dibersihkan dengan kuas.

Jika tersedia kompressor, maka akan lebih mudah membersihkan komponen didalamnya. Pembersihan ini sangat penting terutama jika kipas processor atau kipas lainnya sudah penuh dengan debu, sehingga aliran udara sudah tidak bagus lagi.

Selain mengecek secara langsung, ada baiknya juga kita memiliki software yang mampu mengecek kondisi komputer sehingga setiap saat kita bisa memantau kondisi berbagai komponen yang ada. Hal ini bisa menjadi pencegahan dini terhadap masalah-masalah yang bisa berujung kerusakan-kerusakan pada komputer (mis. suhu yang terlalu panas, tegangan tinggi, dll). Kita bisa menggunakan software bawaan motherbard atau software gratis lain semisal SpeedfanHardware Monitor, dan lainnya.

Perawatan Sistem (Software)

Untuk perawatan sistem komputer (software), ada berbagai rutinitas yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga komputer tetap bekerja dengan performa yang baik. diantaranya sebagai berikut :

  • Update Antivirus, jika komputer menggunakan antivirus, rutinkan untuk melakukan update. Karena antivirus tanpa update tidak akan bekerja efektif
  • Update Windows, bagi pengguna windows Original sebaiknya senantiasa rutin melakukan update baik manual maupun otomatis.
  • Scan Komputer dengan Antivirus, meskipun sudah terpasang antivirus, sebaiknya scan secara penuh dilakukan dengan rutin, untuk memastikan komputer bebas dari malware/virus.
  • Bersihkan file-file tidak terpakai, semakin lama, biasanya jumlah file di komputer semakin banyak dan sebagian mungkin tidak terpakai lagi. Rutinkan untuk memeriksa dan menghapus file yang tidak terpakai. Bisa juga menggunakan software semisal CCleaner, Glary Utilities, Advanced System Care dan lainnya (pastikan terlebih dahulu untuk untuk memeriksa pengaturan apa saja yang akan dihapus sebelum menggunakan software seperti itu)
  • Backup Rutin data penting, ketika komputer penuh dengan data-data penting seperti tugas, laporan, skripsi atau data lainnya, jangan lupa untuk melakukan backup. Paling mudah dengan melakukan kompresi semua data penting dengan program atau software kompresi semisal 7Zip, WInzip, Winrar dan sejenisnya.
    Selanjutnya data backup bisa kita simpan di media terpisan baik HDD eksternal, CD ROM, DVD ROM atau disimpan online di “Cloud Service” semisal DropBoxBox.netdan lainnya asalkan dipastikan aman terlebih dahulu (bisa di enkripsi, memberi password zip)
  • Periksa program yang berjalan dengan Sistem/Windows, untuk melakukan hal ini bisa menggunakan software semisal Autoruns atau System Explorer. Jika melihat ada aplikasi yang tidak penting berjalan dengan windows sebaiknya di non aktifkan saja agar performa komputer lebih baik.
  • Defragment Hardisk, ketika sudah terlalu lama, hardisk perlu rutin di defragment (tetapi jangan terlalu sering). Cek terlebih dahulu apakah hardisk perlu di defragment. Bisa menggunakan program bawaan windows ( dari menu Accessories > System Tools > Disk Defragmenter) atau menggunaka software pihak ketiga semisal Defraggler atau MyDefrag.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat 😀

Categories: Informasi, Kiat-Kiat, Komputer, Software | Tags: , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Navigasi tulisan

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.