USB Safely Remove

USB Safely Remove

Jika Anda sering menggunakan Flash Disk, Anda pasti menggunakan Safely Remove Hardware sebelum mencabut flash disk Anda, kan? Tapi jika Anda sudah menghentikan perangkat tersebut lalu Anda lupa sesuatu (misal Anda lupa mengcopy file penting) dan ingin membukanya kembali, apa yang Anda lakukan? Sudah pasti Anda harus mencabut dan mencoloknya kembali ke komputer Anda. Ini tentu merepotkan, terlebih jika Anda dalam kondisi buru-buru.

Sekarang saya sudah menemukan program yang berguna untuk mengatasi masalah ini, USB Safely Remove. Program ini berukuran kecil, namun memiliki fitur yang lengkap dan dipastikan dapat menggantikan Safely Remove Hardware (selanjutnya saya singkat SRH) bawaan Windows. Fitur-fiturnya, termasuk reconnect perangkat yang sudah terlanjur dihentikan, menampilkan dan menyembunyikan perangkat, dan lain-lain. Berikut fungsi selengkapnya:

  • Menampilkan nama sesungguhnya (seperti Kingston 2 GB Data Traveler) dari perangkat beserta huruf Drive-nya, tidak seperti SRH yang hanya menggunakan satu nama: USB Mass Storage Device untuk semua perangkat. Ini tentu membingungkan, bukan?
  • Mampu mengubah nama sesungguhnya (yang dari pabrik) dengan nama yang kita inginkan dan juga mengembalikannya lagi.
  • Mengubah ikon perangkat.

    USB Safely Remove Tray Menu

  • Menyembunyikan perangkat dari menu utama, sehingga mengurangi resiko kita menghentikan perangkat yang seharusnya tidak perlu dihentikan (seperti mouse).
  • Memindai adanya perubahan perangkat, misalnya properti perangkat yang telah berubah.
  • Menghentikan semua perangkat yang terlihat (tidak disembunyikan) secara sekaligus.
  • Menampilkan program apa yang menghalangi perangkat untuk dihentikan. Tidak seperti SRH yang hanya menampilkan “The device cannot be stopped right now”.
  • Mampu menghentikan perangkat hanya dengan keyboard shortcut.
  • Memungkinkan kita untuk menjalankan program/perintah secara otomatis setelah perangkat dicolokkan, sebelum perangkat dihentikan, setelah perangkat dihentikan, dan/atau setelah perangkat dicabut. Ini tentu lebih baik dari fitur “autorun” Windows.

    USB Safely Remove Main Window

  • Menyediakan Command Line.
  • Mengembalikan perangkat yang telah terlanjur dihentikan, namun belum dicabut dari komputer (reconnect).
  • Dan banyak fitur lainnya….

Program ini juga tersedia dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Jika Anda ingin menggunakan semua fiturnya, sebaiknya bukalah Pengaturan Program. Jika Anda tertarik atau butuh informasi lebih banyak, Anda bisa mengunjungi situsnya safelyremove.com. Sayang program ini tidak gratis, kalau tidak salah berharga $20. Sebenarnya, jika Anda menggunakan versi trial, Anda tetap akan mendapat semua fitur yang diinginkan, namun dalam waktu yang terbatas (sekitar 30 hari).

Jika Anda tertarik, silahkan download di sini. Di sana telah disertakan crack-nya, tinggal di-extract terus di copy-paste ke folder instalasinya (biasanya di C:\program files\USB Safely Remove). That’s it.

Iklan
Categories: Komputer, Software | Tag: , | 5 Komentar

Navigasi pos

5 thoughts on “USB Safely Remove

  1. donyarisandy

    Tidak terlalu terasa manfaat software ini

  2. Frank

    Boleh minta filenya dalam bentuk zip ke email saya? karena sepertinya sudah dihapus yang ada ‘gorengannya’

    Terima kasih banyak atas bantuannya

    • wah maaf mas, saya sudah tidak punya programnya (sudah di-uninstall). tapi, saya akan coba carikan dan akan saya kirimkan jika ketemu.

  3. berkuda

    syukron brooo… lup u pull

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s