Cara Mengakses File Tersembunyi dengan Google Chrome dan Opera

Windows Explorer mungkin menjadi aplikasi yang sering kita gunakan ketika ingin mengakses atau melihat-lihat file/folder. Tetapi ketika komputer bermasalah (terkena virus atau sejenisnya) atau karena akses terbatas (dibatasi) dan kita ingin melihat file-file yang tersembunyi kadang tidak bisa kita akses. Hal yang menarik, ternyata justru dengan web browser Google Chrome dan Opera kita bisa mengakses file-file tersembunyi itu.

Tips ini bermanfaat misalnya ketika di komputer tidak bisa di-install software tambahan atau ketika di warnet dan kita tidak bisa mengakses drive atau folder tertentu yang di sembunyikan. Namun dengan Internet Explorer atau Mozilla Firefox, file atau folder hidden (tersembunyi) tidak bisa ditampilkan. Trik ini sepertinya hanya berlaku pada Google Chrome dan Opera.

Seperti terlihat diatas, di Mozilla Firefox, folder atau file-file yang tersembunyi tidak tampak, tetapi ketika menggunakan Google Chrome, file-file dan folder yang tersembunyi bisa ditampilkan. Coba lihat gambar berikut:

Hal ini juga bisa kita lakukan dengan web browser Opera :

Untuk melihat-lihat file atau folder, ketikkan Drive letter pada alamat URL di Google Chrome atau Opera. Misalnya jika kita ingin mengakses drive C, ketikkan saja “C:” (tanpa tanda petik).

Kita bisa membuka folder-folder dan melihat isinya, termasuk mengakses file, tetapi file/folder yang ditampilkan tidak bisa di hapus melalui web browser tersebut, meskipun bisa saja di copy ( klik kanan dan pilih save as). Jika ingin menggunakan software untuk mencari file-file hidden, menghapus, dan mengganti atributnya bisa menggunakan program kecil  Hidden File Tool.

Sumber: ebsoft.web.id

Recent Posts:

Categories: Kiat-Kiat, Komputer | Tags: , , , | 2 Komentar

Navigasi tulisan

2 thoughts on “Cara Mengakses File Tersembunyi dengan Google Chrome dan Opera

  1. anonymous person

    pake safari bisa ga?

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.