Cara Mempercepat Ponsel Anda

Bagi Anda pengguna ponsel pernahkah ponselnya terasa lambat? Bahkan saat pertama kali membuka aplikasi loadingnya pun sangat lama? Penyebab lambatnya loading pada ponsel hampir sama dengan komputer, seperti ponsel yang memiliki RAM (Random Access Memory) kecil, pengaturan file yang acak-acakan, terlalu banyak menyimpan data, terlalu banyak install aplikasi, sering install dan uninstall aplikasi, ataupun yang berhubungan dengan RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory) , dan CPU (Central Processing Unit).

Ponsel yang lambat ini biasanya dialami oleh ponsel yang menggunakan sistem terbuka, seperti Symbian. Tetapi banyak pula ponsel yang menggunakan sistem tertutup seperti Java mengalami masalah seperti ini.

Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

1. Jika ponsel Anda mendukung memori eksternal (memori tambahan), sebaiknya tidak menggunakan memori terlalu besar.

2. Susun data-data atau file Anda. Misalnya Anda memiliki files dokumen simpanlah pada folder Dokumen, files gambar simpan pada folder Gambar, dan lainnya.

3. Jika Anda sering menggunakan ponsel untuk internet sebaiknya hapus cache dan cookies. Cache merupakan data sementara yang di simpan di memori ponsel agar sewaktu membuka halaman yang sama tidak perlu mendownload lagi dari internet, sedangkan cookies sebagai penyimpan data seperti password, sehingga jika masuk suatu site yang mengharuskan log in (seperti facebook) tidak perlu log in lagi.

4. Hapus files atau ubah waktu penyimpanan file log sesingkat mungkin, misalnya satu hari. File log merupakan data yang menyimpan catatan keluar masuknya telepon.

5. Bagi Anda yang menggunakan ponsel Symbian jangan menekan tombol merah (tombol untuk menolak panggilan) jika akan keluar dari fitur-fitur dari ponsel, sebab fitur tersebut masih aktif.

6. Minimal sisakan 20% dari total kapasitas kartu memori.

7. Jika dirasa tidak terlalu penting untuk menggunakan Kode Pengaman sebaiknya nonaktifkan fitur tersebut, karena fitur ini juga memakan memori pada ponsel.

8. Apabila ponsel Anda sudah terasa lambat, coba gunakan ponsel tanpa menggunakan kartu memori. Jika tanpa kartu memori ponsel Anda lancar sebaiknya kartu memori di format. Sebelum di format backup data-data penting Anda.

9. Setiap 2 atau 3 hari restart ponsel Anda agar lebih fresh.

Sekian info dari saya, semoga membantu.

Sumber: Suryadi IMFC

Categories: Kiat-Kiat | Tags: , , | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “Cara Mempercepat Ponsel Anda

  1. thankyuuu gannn

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.