Perusahaan sebagai Pelaku Ekonomi

Mercedes-Benz Factory Sindelfingen GermanySecara singkat, perusahaan adalah kesatuan teknis yang menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan dapat berfungsi sebagai pihak yang meningkatkan nilai guna barang. Selain itu, perusahaan juga dapat berfungsi sebagai pihak yang mendekatkan atau menyampaikan barang dari produsen ke konsumen. Meskipun perusahaan menghasilkan barang dan jasa, bukan berarti perusahaan hanya melakukan kegiatan produksi. Untuk tetap berjalan, perusahaan juga melakukan kegiatan konsumsi dan distribusi. Seperti apa kegiatan perusahaan itu?

Perusahaan sebagai Produsen

Peran utama perusahaan tentu menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari setiap barang yang terjual atau jasa yang terpakai, perusahaan akan mendapat keuntungan yang digunakan untuk menggaji karyawan maupun untuk mengembangkan perusahaan lebih lanjut.

Seiring perkembangan zaman, kegiatan produksi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga untuk diekspor ke luar negeri. Keuntungan yang didapat pasti akan berlipat. Karena itulah perusahaan yang cukup besar biasanya melakukan kegiatan produksi secara massal.

Contoh hasil produksi suatu perusahaan yang diproduksi secara massal.

Contoh hasil produksi suatu perusahaan yang diproduksi secara massal.

Perusahaan sebagai Konsumen

Perusahaan untuk menghasilkan barang dan jasa tentu membutuhkan faktor-faktor produksi. Untuk bisa melakukan kegiatan produksi perusahaan membutuhkan tenaga kerja/karyawan, bahan baku, modal, dan keahlian. Perusahaan tidak memiliki faktor produksi tersebut, yang memilikinya adalah rumah tangga dan masyarakat di samping alam. Karena itulah perusahaan menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Itulah fungsi perusahaan sebagai konsumen.

Berdirinya sebuah perusahaan juga memberikan keuntungan bagi pemilik faktor produksi. Adanya perusahaan telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat. Pembukaan perusahaan baru membutuhkan dana besar sehingga memberi kesempatan berinvestasi bagi pemilik modal. Perusahaan juga memberi kesempatan bagi para wiraswasta untuk bekerja sebagai pengelola perusahaan.

Perusahaan membutuhkan pekerja sebagai salah satu faktor produksi.

Perusahaan membutuhkan pekerja sebagai salah satu faktor produksi.

Perusahaan sebagai Distributor

Barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan tidak akan berguna jika tidak sampai ke konsumen dan tidak bisa dikonsumsi. Untuk menjamin barang dan jasa sampai ke konsumen, umumnya perusahaan melakukan kegiatan distribusi di antaranya:

  • Membuka agen yang dekat dengan konsumen.
  • Mengadakan kegiatan perdagangan
  • Mengadakan promosi.

Baca juga:

About these ads
Categories: Ekonomi | Tags: , , , , , , , , , , , , , | Tinggalkan komentar

Post navigation

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat website atau blog gratis di WordPress,com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.336 pengikut lainnya.