Berbagai Jenis Tanah di Indonesia

Tanah adalah lapisan atas bumi yang merupakan campuran dari pelapukan batuan dan jasad makhluk hidup yang telah mati dan membusuk.  Oleh pengaruh cuaca, jasad makhluk hidup tadi menjadi lapuk, mineral-mineralnya terurai (terlepas), dan kemudian membentuk tanah yang subur. Tanah juga disebut lithosfer (lith = batuan) karena dibentuk dari hasil pelapukan batuan.

Tanah merupakan unsur kehidupan yang paling penting. Tanpa tanah, tentu kita tak ada tempat berpijak. Lain halnya jika kita ikan, hehehe. Tanah memiliki banyak jenis karena perbedaan proses pembentukan dan unsur yang terdapat di dalamnya juga berbeda. Berikut jenis-jenis tanah yang ada di Indonesia.

a. Tanah Vulkanik

Tanah vulkanik adalah tanah hasil pelapukan abu vulkanik dari gunung berapi. Tanah vulkanik dibagi menjadi dua.

  1. Regosol. Tanah regosol berciri-ciri: berbutir kasar, berwarna kelabu sampai kuning, dan berbahan organik sedikit. Tanah ini cocok untuk tanaman palawija (seperti jagung), tembakau, dan buah-buahan. Jenis tanah ini banyak terdapat di P. Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara.
  2. Latosol. Tanah latosol berciri-ciri: berwarna merah hingga kuning, kandungan bahan organik sedang, dan bersifat asam. Tanah ini cocok untuk tanaman palawija, padi, kelapa, karet, kopi, dll. Jenis tanah ini banyak terdapat di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bali, Jawa, Minahasa, dan Papua.

    Tanah vulkanis

b. Tanah Organosol

Tanah organosol merupakan tanah hasil pelapukan bahan-bahan organik. Biasanya bersifat subur. Tanah jenis ini dibagi dua juga, yaitu:

  1. Tanah Humus, merupakan tanah hasil pembusukan bahan-bahan organik dan bersifat sangat subur. Tanah humus berwarna kecoklatan dan cocok untuk tanaman kelapa, nanas, dan padi. Tanah jenis ini banyak terdapat di P. Sumatra, Sulawesi, Jawa Barat, Kalimantan, dan Papua.

    Tanah humus

  2. Tanah Gambut, merupakan tanah hasil pembusukan yang kurang sempurna di daerah yang selalu tergenang air seperti rawa. Tanah ini kurang baik untuk pertanian karena kurang subur dan selalu tergenang air. Tanah gambut banyak terdapat di Kalimantan Barat, pantai timur Sumatra, dan pantai selatan-barat Papua.

    Tanah Gambut

c. Tanah Aluvium (Alluvial)

Tanah aluvium adalah tanah hasil erosi yang diendapkan di dataran rendah. Ciri-ciri tanah aluvium adalah berwarna kelabu dan subur. Tanah ini cocok untuk tanaman padi, palawija, tebu, kelapa, tembakau, dan buah-buahan. Tanah jenis ini banyak terdapat di Sumatra bagian Timur, Jawa bagian utara, Kalimantan bagian barat dan selatan, serta Papua utara dan selatan.

d. Tanah Podzol

Tanah ini terbentuk akibat pengaruh  curah hujan yang tinggi dan suhu yang rendah. Tanah podzol bercirikan miskin unsur hara, tidak subur, dan berwarna merah sampai kuning. Tanah ini baik untuk tanaman kelapa dan jambu mete. Tanah podzol banyak dijumpai di daerah pegunungan tinggi Sumatra, Jabar, Sulawesi, Maluku, Kalimantan, dan Papua.

Tanah podzol

e. Tanah Laterit

Tanah laterit adala tanah hasil ‘pencucian’ sehingga kurang subur, kehilangan unsur hara, dan tandus. Tanah ini awalnya subur namun karena zat haranya dilarutkan oleh air maka menjadi tidak subur. Warna tanah ini kekuningan sampai merah. Tanah ini baik untuk kelapa dan jambu mete. Tanah jenis ini banyak terdapat di Jawa Tengah, Lampung, Jabar, Kal-Bar, dan Sulawesi Tenggara.

Tanah laterit

Tanah laterit

f. Tanah Litosol

Tanah litosol adalah tanah hasil pelapukan batuan beku dan batuan sedimen yang baru terbentuk sehingga butirannya besar. Ciri-ciri tanah ini yaitu miskin unsur hara dan mineralnya masih terikat pada butiran yang besar. Tanah litosol kurang subur sehingga hanya cocok bagi tanaman-tanaman besar di hutan. Tanah litosol banya terdapat di P. Sumatra, Jawa Tengah dan Timur, Nusa Tenggara, Maluku selatan, dan Papua.Tanah litosol

g. Tanah Kapur

Tanah kapur merupakan hasil pelapukan batuan kapur (gamping). Tanah ini terbagi jadi dua jenis.

  1. Renzina. Tanah ini merupakan hasil pelapukan batuan kapur di daerah dengan curah hujan tinggi. Ciri tanah ini yaitu berwarna hitam dan miskin zat hara. Tanah renzina banyak terdapat di daerah berkapur seperti Gunung Kidul (Yogyakarta).
  2. Mediteran, meruapakn hasil pelapukan batuan kapur keras dan batuan sedimen. Warna tanah ini kemerahan sampai coklat. Tanah jenis ini meski kurang subur namun cocok untuk tanaman palawija, jati, tembakau, dan jambu mete.

h. Tanah Pasir

Tanah pasir adalah tanah yang bersifat kurang baik bagi pertanian yang terbentuk dari batuan beku serta batuan sedimen yang memiliki butir kasar dan berkerikil. Sepertinya jenis tanah ini dijumpai di mana-mana hehehe :D

About these ads
Categories: Geografi, Makhluk Hidup & Biologi | Tags: , , , , , , , , | 76 Komentar

Post navigation

76 thoughts on “Berbagai Jenis Tanah di Indonesia

  1. Tanah di Kab. Jayawijaya Wamena Papua sangat subur sekali.

  2. nugnug

    sama kaya di lks beuh

  3. Diah Fortuna

    Terima Kasih semuannya lengkappp….. :D
    ssiiippp deh….

  4. tom ajah

    nice info brader…”singkat, padat n complete” :) :) :)

  5. aaahhh akhirnya tugas geo kelar deh . thx gan infony b’mnaat bgt .
    d tnggu post slanjutnya …

  6. mine cantik

    yaaaa pemirsaaah disini bang ojiiiiieeeee!!!!!

  7. Ping-balik: Berbagai Jenis Tanah yang Ada di Indonesia | Akses Dunia

  8. wah bagus sekali karyanya

  9. Prasetya

    Tq Gan info nya

  10. kalo tanah yang di Jawa Barat gimaana??

  11. oktril vianda

    makasii
    tugas geo aku siap deh :) :)

  12. Indah Paramita 'ELF "F"

    Kakak, agak kurang efektif sedikit ya ! Wktu saya banyk yg hbs untk baca.

    Tpi “TERIMA KASIH” bnyk y Kak.
    Indah Paramita ELF Forever love SuJu

  13. Indah Paramita Sparkyu

    I’m Sparkyu,,,
    I’m Angle,,,
    I’m Siwonest,,,
    I’m Vitamins,,,
    I’m Jewel,,,
    I’m Petal,,,
    I’m Clouds,,,

    Hehehe,,, maaf ngga nyambung comment’a. Oy, disini ad ELF ngga ???

  14. Indah Paramita Sparkyu

    Sparkyu !!!
    Sparkyu !!!
    Sparkyu !!!
    Sparkyu !!!

    I Like hehehe,,,

  15. Indah Paramita Sparkyu

    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!
    Cho Kyuhyun Sshi !!!

    Fighting Indah !!!

  16. Indah Paramita Sparkyu

    Oya, Saya mohon maaf ya mengganggu,,,

    Oya, klo ad balasn, kirim ke email ya !!!
    Bisa kirim juga makalh’a itu !!!
    Makasi !!!
    :D :D :D :D :D :D :D :D :D :) :) :) :) :) :) :) :) :)

    (^^^) ^^ ^^ ^^ ^^ ^^ ^^ ^^ ^^ ^^

  17. tanah lempung masuk tanah apa?

  18. erien

    kok cuman 8. di buku paket ku ada 11 jenis tanah..
    jadi bingung yang mana yang benar???!?

    • iyya yah, kok cmn segituh… :(
      di buku paket qu ada 12 tanah, tp kta Ibu guru ada 22 jenis tanah di Indonesia..
      mana yg bner seeh, jdi aq hruz tulis yg mna.. ??
      tugas aq blm beres…… :(

    • jenis-jenis tanah memang banyak, yang saya bahas di sini cuma yang sering keluar saja…

  19. Kezia Said

    makasihhhhhhhhhhhh banget !!!!

  20. Jeni

    i like it

  21. salam kenal, ijin kopi paste Bang.. :)

  22. neo

    thanks

  23. neo

    ijin cofy faste

  24. Duuh,Thanks ya ………………………!

  25. buat yang mau psen accessories dri flanel only di Dewi Flanelia ja ,,,d jamin murah dan memuazkan ………………… bwat info jnis tanahnya makasiii beutz

  26. Kevin

    aku minta copy paste ya oommm

  27. Minta ijin (COPAS) om ,kalo boleh tq dan kalo kgk boleh {nasib nilai ips ku ceblos} hahaha

  28. mel' mel'

    makasih ilmunya :)

  29. Dhika

    pak apakah tanah yang di tanamin palawija pasti cocok juga untuk di tanamin cengkeh?

  30. Ayu

    Sangat membantu.
    Trimakasih.

  31. Firnadya KyuHaeSung

    tq y infonya

  32. sania aja

    maaf nih , mau tanya !
    tanah renzina itu manfaatnya untuk apa sih?
    #yg tau coment yaa pleaseeeee

  33. ANGELIKA

    sangat membantu Trims…

  34. Fawzia

    akhirnya tugas gue slesai jga :D

  35. Dito

    MEMBANTU BANGET BANG !!!!!

  36. Makasih Gan Tugas gua dah kelar……

  37. Udah di ctat . . .semua tntang tanah. . .tank ea. . . .

    Alhamdu. . .dah bres tnggl dkit lg

  38. tanah yg pling banyak di jumpai di indonesia apa’si.???
    tgs Un nie tollonk di blz.!!!

  39. kevin

    terima kasih semuanya lengkap ssiipppppp…….!

  40. bagussss…

  41. jelas,singkat ,padat … sangat bagussssssssssssss …………………..
    (y) :D

  42. dicki

    Tanah laterit. Tanah nya Maya tanah list bukansih?

  43. burhanuddin

    lempung tanah yang paling halus sangat bagus untuk pertanian

  44. enricho

    thanks gan

  45. tanah asosiasi glei humus itu tanah jenis apa?kalo dihubungkan ke pemyerapan air nya gimana?

  46. Makasih yaa
    saya jadi bisa bljr IPA dgn baik :) ^_^

  47. Ping-balik: Mengenal Jenis, Karakter, Penyebaran dan Pemanfaatan Tanah Pertanian di Indonesia | Organic HCS

  48. Ping-balik: JENIS TANAH DAN PEMANFAATANNYA | PERTANIAN ORGANIK PRAKTIS

  49. wihhh terimakasih ya sudah meluangkan waktunya untuk menjelaskan tentang tanah ini :D

  50. terimakasih atas bantuannya tugasku jadi selesai

  51. metri

    wah mantap jadi ngak perlu nyari satu satu
    thanks

  52. David

    Tanah Organosol sama Tanah Gambut itu sama apa nggak?

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.336 pengikut lainnya.