Cara Memperbesar Ukuran Huruf Windows

Bagi pengguna Notebook, ukuran layar yang kecil sering menjadi masalah. Ayah saya sendiri saat ini mulai mengalaminya. Dia mengeluhkan ukuran layar yang kecil membuat ukuran huruf menjadi kecil, dan menyulitkannya saat membaca. Akhirnya, dia terpaksa mendekatkan matanya melebihi batas normal hanya untuk membaca teks.

Normalnya, mata kita tidak boleh terlalu dekat dengan monitor, karena bisa menyebabkan berbagai penyakit jangka pendek seperti sakit mata, mata tegang, kaku leher, pundak pegal, dan lain-lain. Dianjurkan agar jarak mata dengan monitor 50-60 cm dan posisi moitor sedikit miring ke atas. Nah, jika ukuran teksnya kecil, bagaimana bisa membaca dari jarak segitu?

Bagi pengguna Windows, kita bisa memanfaatkan tool berupa Accessibility Wizard. Tool ini berfungsi mengatur tampilan Windows agar kita nyaman menggunakan komputer. Untuk memanfaatkan tool ini, ikuti langkah berikut.

1. Klik Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Accessibility -> Accessibility Wizard. Tampilan pertama akan muncul. Klik next.

2. Pilih ukuran teks yang Anda inginkan. Seperti saya memilih yang kedua. Setelah dipilih, klik next.

3. Akan muncul empat pilihan, Anda boleh memilihnya berdasarkan kesukaan Anda. Setelah dicentang, klik next.

  • Perbesar ukuran teks. Option ini hanya memperbesar ukuran judul, menu, dsb tetapi tidak memperbesar teks dalam window (jendela) program.
  • Gunakan resolusi layar yang lebih kecil. Opsi ini memperbesar ukuran teks dalam program, tetapi kadang mengurangi kualitas gambar.
  • Gunakan Windows Magnifier. Windows Magnifier adalah tool Windows yang menampilkan teks yang kita tunjuk (dengan pointer) dengan memperbesarnya (zoom). Teks yang ditunjuk akan diperbesar dan ditampilkan di jendela sendiri (biasanya di layar bagian atas).
  • Nonaktifkan menu yang dipersonalisasi. Opsi ini bersifat menyamakan menu yang sudah kita setting sendiri menjadi sama tampilannya dengan menu-menu yang lain. Saya rasa opsi ini tidak perlu dicentang.

4. Anda disuruh memilih pernyataan yang sesuai dengan Anda. Silahkan dipilih yang sesuai. Setelah dicentang, klik next.

5. Sampai di sini saya tidak bisa melanjutkan, karena tiap opsi yang Anda centang sebelumnya akan memberikan opsi lanjutan yang berbeda dengan jika Anda memilih opsi lain.

Ketika semua pengaturan sudah selesai diset, klik Finish untuk menyimpannya. Anda akan segera melihat perubahan pada Windows Anda.

Selain menggunakan Accessibility Wizard, Anda boleh juga menggunakan High Contrast. High Contrast bisa membuat ukuran huruf menjadi lebih besar untuk semua komponen layar dengan mengubah ukuran huruf dan menggunakan warna sistem yang berbeda. Jeleknya, tampilan layar akan menjadi kurang cantik. Untuk mengaktifkan High Contrast, klik Alt kiri + Shift kiri + Print Screen (prt sc). Klik tombol-tombol tersebut secara bersamaan.

High contrast sangat berguna bagi orang-orang yang kesulitan saat menggunakan komputer karena memiliki gangguan mata. Untuk menonaktifkannya kembali, klik tombol-tombol yang sama dengan saat Anda mengaktifkannya (Alt kiri + Shift kiri + Print Screen (prt sc)).

Selamat mencoba!

About these ads
Categories: Kiat-Kiat, Komputer | Tags: , , , | 5 Komentar

Post navigation

5 thoughts on “Cara Memperbesar Ukuran Huruf Windows

  1. dabagoes ardhika

    tulisan yang menarik……. sangat menarik
    tambah terus artikelnya……
    semoga tercapai cita-citanya ya???

  2. hendro

    thank trik2x, bgaimana merubah tulisan tambah besar tpi jendela perintah tetap,karena q pernah membesarkan tulisan tpi ketika q opsi untuk mengganti nama dg propertis kolom oke tidak tampil karena ada dibawah melebihi layar,q pake windows 7,trim atas solusix

  3. Saya malah bannernya yang ngk pas. thx infonya :D

  4. akma akmul irsyad

    gimana cara ny nich ngk pandai q memperbesar hruff kamputer ini

Tulis komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog pada WordPress.com. The Adventure Journal Theme.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.337 pengikut lainnya.